INTERNET Menghapus Kendala Dalam Berusaha

      
  MEMBUAT USAHA ITU MUDAH

Untuk membuat sebuah usaha kecil yang mandiri yang dapat membantu menghidupi atau menambah penghasilan yang ada,tidak lah mudah. Namun banyak kendala yang timbul dari proses ide pembuatan hingga mewujudkan dan melaksanakannya. Sebuah kegiatan usaha,yang selain dapat memberikan manfaat bagi yang menjalannkannya,dapat juga mengurangi tingkat pengangguran,dan tentunya turut serta membantu tugas pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.
 Usaha kecil sudah terbukti tangguh,menghadapi segala kondisi ekonomi yang buruk,contoh yang masih membekas ketika krisis ekonomi dunia ikut melanda indonesia di tahun 1997,sektor usaha kecillah yang tetap bertahan,dan dapat menyerap tenaga kerja akibat korban PHK (pemutusan hubungan kerja). Tanpa dukungan pemerintah yang signifikan,usaha kecil tetap berjalan dan terus berkembang,dan ikut berperan menyehatkan kondisi ekonomi indonesia.
            Untuk menjadikan sebuah usaha kecil dapat berkembang dan bertahan di tengah persaingan diperlukan banyak strategi,yang terkadang tidak dimiliki calon pengusaha kecil,yang terkadang melakukan potong kompas dengan membeli franchise yang belum tentu tingkat keberhasilannya dan biasanya masih bau kencur. Yang mana sebenarnya si pembeli franchise tersebut,bisa membuat usaha yang sama persis tanpa harus membeli franchise,namun di karenakan ketidaktahuan dan kemalasan untuk sedikit bertindak kreatif. Untuk itulah diperlukan kiat kiat khusus yang akan di paparkan secara ringkas,bagaimana cara memilih jenis usaha,dan kendala apa saja yang biasanya timbul dan memanfaatkan tekhnologi internet untuk mengejar ketertinggalan dari pemain lama.


Mantapkan hati
Takut rugi, itulah yang pertama harus dihilangkan ketika ingin membuat sebuah usaha. Namun, keberanian untuk rugi pun,bukanlah sebuah keberanian yang konyol,namun keberanian yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.  Keberanian yang seperti apa yang harus di miliki?  Banyak ahli ekonomi, yang memberikan pendapat,tetapi biasanya seorang ahli ekonomi,jarang sekali yang menjadi pemiliki usaha,biasanya paling tinggi menjadi direktur,karena mereka terlalu banyak memberikan analisa analisa,tanpa mereka sendiri yang menjalankannya,dan bila analisa mereka salah,tetap di bayar. Untuk itu,kalau anda ingin melakukan usaha,dan takut rugi,lebih baik jangan membaca buku ini,karena anda akan memberikan banyak alasan,bahwa tulisan ini salah,untuk membenarkan pemikiran anda untuk tidak membuat usaha.
            KeRugian,pasti akan kita dapatkan,dengan atau tidak melakukan usaha,tapi berapa besar kerugian yang sanggup kita tanggung,itulah yang harus kita pikirkan. Seperti layaknya ketika anda memberikan uang receh kepada “pak ogah” apakah anda menghitung sebuah kerugian,tentu tidak karena anda akan berkata khan Cuma “gopek”, ga masalah lah. Tetapi ketika anda memberikan rp.50.000,- anda akan berpikir wah rugi,bisa dipakai makan di mcd,atau nonton di XXI,Seperti itulah yang harus anda pikirkan berapa banyak uang yang anda relakan bila hilang karena kerugian ketika membuat usaha,dan tidak akan mempengaruhi biaya operasional perut anda,atau dapur istri anda. Setelah anda,menghitung berapa banyak kesiapan anda untuk rugi,barulah anda memilih jenis usaha yang akan anda pilih. (saran saya,jangan menggandeng rekan usaha,di tahap awal,bila tidak kepepet,karena belum tentu memiliki visi yang sama).

Saya siap rugi Rp. 1.000.000,-
Kalau anda siap untuk rugi sebesar itu jenis usaha apa ya,yang cocok,

·         Jualan minuman (es cendol,es puter)
·         Jualan makanan (gado gado,mie ayam)
·         Jual voucher
·         Jualan rokok
·         Jualan majalah
·         Jualan di internet

Pasti anda akan mengatakan ach,itu mah bisnis ecek ecek,untungnya kecil,kapan jadi kayanya. Tapi anda lupa,bisnis itulah yang bisa anda dirikan dengan modal satu juta,tapi jangan anggap remeh,bila anda memiliki usaha voucher,dengan untung 1juta sebulan,anda akan mendapatkan 10 juta bila memiliki 10 tempat usaha sejenis,berpikirlah ke depan,dan bukan sesaat yang di depan mata. Semuanya itu dimulai dari yang kecil dan rasakan nikmatnya mengelolanya,ketika anda bisa menjadikannya besar,kebanggaan yang tida terukur yang anda dapatkan. Apakah harus dimulai dengan usaha ecek ecek seperti itu? Tentunya tidak,kecil bagi kita,belum tentu bagi yang lainnya,pasti ada yang sanggup mengorbankan uangnya 10 juta atau 100 juta,tanpa ada beban,yang tentunya usaha yang didirikan pun akan berbeda,baik itu keuntungan maupun resikonya.





Pemilihan jenis usaha
Nach,ini lah yang paling penting anda lakukan setelah anda yakin akan siap menanggung kerugian. Untuk memilih jenis usaha,ada beberapa kiatnya, yaitu:

Buat usaha sesuai dengan hobby
Hobby anda memancing,membuat kue,berkebun,lari pagi atau apa saja bisa menjadi sebuah hobby dari seseorang. Nach bila anda melakukan sebuah usaha,sesuai dengan hobby anda,bisa sekaligus menyalurkan hobby sambil berusaha,tentunya akan ada sebuah kendala,terkadang anda akan menawarkan barang tidak sesuai dengan harga pasar,karena,anda tidak begitu memikirkan profit,ini salah. Hobby tetap jalan,untung tetep....harus ada. Biasanya kalau kita memilki sebuah hobby,contohnya memancing,kita akan sering bertemu,dengan teman teman yang memiliki hobby yang sama,tentu anda dapat lebih mudah menawarkan produk yang anda jual,seperti kail,umpan,jaring,dan alat pancing,terlebih bila anda jago memancing. Si pembeli akan percaya terhadap produk yang anda jual,karena sudah sering ketemu,dan biasanya lebih senang membeli,di tempat daripada membawanya,karena tidak semua yang memancing adalah yang memiliki waktu banyak,dan terkadang sekedar mancing saja,untuk menghilangkan waktu strees.

Buat usaha karena anda tahu usaha itu
Anda biasa mengerjakan perpajakan,biasa mengurus dokumen bos anda yang kebetulan warga negara asing,kenapa anda tidak membuat usaha sampingan seperti itu,tentunya anda akan luar dalam memahaminya. Anda bisa mengerjakannya setelah pulang kantor,dan mempekerjakan satu orang sebagai tenaga pemasaran anda. Anda mengerti tentang kimia,fisika,fasih berbahasa inggris,bukalah bimbingan belajar. Dan masih banyak lagi


Buat usaha karena melihat peluang yang ada

Anda suka berbelanja ke mangga dua,dan mengetahui dimana suplier ATK (alat tulis kantor), dan mengetahui banyak sekali kebutuhan kantor anda akan atk,jadi bila anda berpikir untuk memasukkannya ke kantor anda,mengapa tidak,karena itu adalah sebuah peluang. Dan anda tinggal mencari tahu siapa yang anda kenal di bagian purchasing atau General affair. Bila anda memasukkan dengan nama pribadi,tentu kurang etis, lakukanlah penawaran dengan bendera yang berbeda,bisa istri,pacar atau teman yang anda percaya untuk melakukannya.Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,jangan menjual lebih mahal dengan membujuk teman anda di bagian pembelian,tapi berusahalah menawarkan dengan harga murah,dan kualitas yang lebih baik,bila ternyata bagian pembelian melakukan kong kali kong dengan suplier yang ada,kembalikan ke hati nurani anda,ikut bermain atau lebih mengutamakan kualitas pelayanan.

- Buat usaha karena ada yang membutuhkan
·                  -  Pilih yang tidak banyak yang melakukannya
·                 -   Tidak memerlukan modal yang besar
·                  -   Dapat dilakukan sendiri jika mampu
·                   -  Memiliki prospek untuk berkembang

Pemilihan tempat usaha
Gampang gampang sulit untuk memilih tempat usaha,apalagi di kota besar seperti jakarta,bandung,surabaya,medan,karena biasanya yang lokasinya strategis pasti mahal harganya,yang murah banyak tapi jauh dan kurang di lirik konsumen yang potensial. Untuk memilih tempat usaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
·         Konsumen mudah mencapai lokasi usaha anda (one stop location)
Konsumen saat ini mulai jadi orang yang malas,karena mereka malas,mereka hanya mau membeli di tempat yang dirasa dekat, Bisa di katakan mereka ingin datang ke satu tempat dan bisa melakukan kegiatan yang mereka inginkan secara bersamaan.  Saat ini  di kota besar seperti jakarta,banyak di bangun pusat perbelanjaan,yang tergabung dengan apartemen dan perkantoran,yang menjadikan semuanya dalam satu tempat. Konsumen dari pusat perbelanjaan adalah yang tinggal di dalam apartemen.Konsumen apartemen adalah pegawai yang berada di perkantoran tersebut. Jadi pemilihan lokasi usaha seperti ini,sangatlah diminati,karena keberadaan konsumen sudah jelas,tinggal produk yang kita tawarkan sesuai tidak dengan yang di inginkan.
MENDEKATI KONSUMEN
Konsumen anda ada di mana,apakah di perkantoran,perumaha,tempat rekreasi,rumah sakit. Dekatilah mereka,maka anda akan di cari. Bila anda mendirikan toko bangunan,pemilihan dekat komplek perumahan adalah hal yang paling tepat,usaha fotocopy,wartel atau yang dikenal dengan business center cocok untuk di dirikan di daerah perkantoran. Toko kelontong,seperti alfamart dan indomaret pun sekarang sudah banyak ada di perumahan dan perkantora.

·         Dekat dengan sumber bahan pokok produksi anda dan tersedia lokasi untuk berusaha
Bila anda mendirikan usaha toko bunga,komputer,handphone. Maka sebaiknya lakukanlah dekat dengan pemasok usaha anda,dan secara berkelompok.  Mengapa demikian,karena konsumen pasti ingin dalam melakukan pembelia,melakukan pilihan model dan merek apa yang ingin dibeli,dan sekaligus membandingkan harga jual. Dulu di jakarta pusat handphone terpusat hanya di roxy,tetapi sekarang sudah ada di ambasador,cempaka mas,cililitan,fatmawati.Ini menandakan bahwa konsumen hanya mau membeli di tempat yang benar benar pusat penjualan handphone,dan mengharapkan harga yang bersaing,dan dekat dekangan rumah mereka. Usaha florist juga sama seperti itu,berkelompok,namun harus dekat dengan suplier mereka,agar mampu senantiasa memenuhi kebutuhan konsumen,pusat komputer di glodok dan mangga dua,lebih ekstrim lagi,terkadang sebuah toko hanya memajang kardus saja,dan bila ada yang mau membeli,barulah mereka menelphone suplier,dan ketika harga sudah sepakat,barulah barang diambil. Cara seperti ini tentu,akan menekan modal kerja,karena hanya bertindak seperti perantara saja,namun didukung informasi dan jaringan yang luas.
·         DIMANA SAJA
Bila produk anda bukan produk yang harus dikonsumsi secara langsung seperti makanan dan tahan lama,anda tidak perlu lokasi di mall,dekat perumahan,dan dapat anda lakukan di mana saja anda berada. Hal ini di mungkinkan dengan bantuan tekhnologi komunikasi dan internet, yang semakin berkembang dan murah digunakan.
Bisa saja anda tinggal di pelosok sumatra dan jauh dari keramaian kota,dan anda memiliki konsumen di nigeria,bila produk anda adalah pembuatan program komputer,dan program dapat dikirim lewat email.Apakah hanya bisa dilakukan oleh seorang programer komputer,tidak juga. Anda mengetahui secara detail tentang batik dan mengenal dengan baik semua pabrik batik di indonesia. Anda bisa menjual batik anda keseluruh dunia,tanpa orang harus tahu,dimana anda tinggal,dan dimana pabrik batik anda berada. Mengapa bisa demikian,karena inti dari berjualan adalah,bagaimana orang mengenal dengan baik produk yang anda jual,dan hanya bisa mendapatkan nya dari anda,tanpa mereka harus tahu,bagaimana anda mewujudkannya. Hasil terkadang  lebih berarti dari sebuah proses. Menjadikan konsumen mengetahui apa yang anda jual bukanlah sebuah cara yang mudah,mengetahui apa yang konsumen yang inginkan juga sebuah malah lainnya,meramunya menjadi sebuah kiat yang efektif akan membuat anda dapat menjual dengan baik.

 Pemilihan yang melakukan kegiatan usaha
Dalam melakukan usaha, tentu kita memerlukan yang mengerjakannya,pegawai yang bisa membantu kita agar bisa memberikan pelayanan,yang terbaik. Pelayanan adalah kunci sukses dalam berusaha. Akan sulitlah bila tidak ada yang membantu,walaupun anda adalah pelaku utamanya. Bisa saja anda melakukannya seorang diri,sebagai tukung cukur,tukang nasi goreng,jual voucher,tetapi bila semakin besar usaha anda semakin banyak orang yang perlu membantu.Untuk itu ada beberapa saran siapa yang bisa membantu kita dalam berusaha.

·                           Jumlah orang
Pemilihan jumlah pegawai,sangat tergantung dari jenis usaha,ukuran usaha,dan besarnya kebutuhan. Bila anda membuka usaha catering rumahan,mungkin anda hanya membutuhkan 3 orang saja,tukang masak dan yang mengantarkan masakan anda,tetapi ketika ada order dadakan  secara bersamaan,pegawai anda bisa menjadi 5 orang,3 orang memasak dan 2 orang yang mengantarkannya.Semakin besar usaha,semakin banyak juga pegawai anda nantinya.
·        
P Pelatihan pengerjaan

Berikanlah pelatihan terus menerus. Dengan terlatihnya pegawai yang anda miliki,semakin berkualitaslah produk yang kita tawarkan. Dari awal mereka memulai pekerjaan,berikanlah pelatihan dalam proses pekerjaan,dan pelatihan dalam melayani konsumen. Keramahan dalam melayani konsumen dan mengenal dengan baik produk yang ditawarkan,akan membuat konsumen akan mempercayai produk yang ingin dibeli. Untuk tahap awal,mungkin bisa diberikan pelatihan oleh anda sendiri,melalui buku buku yang anda pelajari terlebih dahulu,atau pengalaman yang dimiliki. Dan bila semakin besar tidak ada salahnya mengundang orang yang ahli,atau menyekolahkannya.
·        
Penggajian
Yang mau membantu,tentunya tidak gratis. Dan bagaimana cara untuk memberikan gaji kepada mereka,bila anda sendiri memiliki keterbatasan keuangan. Untuk itu sebelum anda mendirikan usaha,anda harus sudah mulai memilih siapa yang bisa membantu anda,bisa dari yang ada disekitar rumah anda,agar mereka tidak memerlukan ongkos transportasi,dan pilih yang masih bujangan,dan benar benar mau bekerja,dan terpaksa bekerja karena tidak ada pilihan lainnya. Anda bisa memberikan gaji secara harian yang di bayarkan bulanan,atau dengan sistem bagi hasil. Berikanlah mereka instentif bila meraka rajin,seperti tidak pernah bolos,bekerja dengan baik dan hal lainnya setiap bulan dan berikanlah hukuman bila mereka malas. Upah harian bisa anda berikan mulai dari 30-35 ribu sehari,dan dibayarkan sesuai dengan hari masuk mereka. Bila usaha anda di rumah,tidak ada salahnya memberikan mereka makanan,biar mereka merasa di rumah sendiri.Pegawai pun akan merasa memiliki ikatan yang kuat,bila majikan mereka perhatian.

·        Pembagian tugas
Membagi tugas adalah sebuah hal yang penting dan perlu dilakukan. Tidak semua hal bisa anda lakukan sendiri,terkadang anda akan letih,ada kesibukan lainnya,berikan pegawai anda mengetahui dan mengerjakan apa yang bisa anda lakukan,tentu tidak semuanya mereka harus tahu. Pembagian tugas seperti membeli bahan pokok,(tetap waspadai kecurangan), bertemu klien,dan hal lainnya,dapat anda delegasikan kepada pegawai anda. Untuk beberapa jenis usaha,seperti restauran,saloon,florist, yang membutuhkan seni dan kecapakan tersendiri agak susah untuk mendelegasikan secara langsung,karena dibutuhkan pelatihan,dan jangan kaget bila pegawai anda,mendirikan usaha sejenis bila merasa mampu.

8.     Pengumpulan modal usaha
Untuk memulai usaha,modal yaitu uang,menjadi suatu hal yang tidak dapat dipungkiri,walaupun jumlahnya besar atau kecil menjadi suatu hal yang relatif tergantung jenis usahanya.

·         BANK
Bank menjadi tempat yang terpikirkan bagi orang untuk mendapatkan pinjaman dana,tetapi banyak orang yang masih takut dan ragu,baik itu ragu akan memperolehnya,ragu bisa mengembalikannya,ragu untuk melakukannya. Tetapi bila anda ingin memperoleh pinjaman lewat perbankan siapkan syarat syarat nya yaitu;

  • ·         KTP
  • ·         Kartu keluarga
  • ·         Slip gaji
  • ·         Rekening tabungan/koran
  • ·         SIUP/TDP
  • ·         Akte Notaris
  • ·         NPWP (bila meminjam lebih dari 100 juta)
  • ·         Kartu kredit (bila memiliki)
  • ·         Bukti pembayaran rekening listrik,telp atau air
  • ·         Bukti pembayaran PBB
  • ·         Surat kontrak yang pernah dibuat (bagi wiraswasta)
  • ·         BPKB dan STNK mobil (bila kendaraan  mau di agunkan)
  • ·         Sertifikat rumah

Setelah anda menyiapkan itu semua,biasanya petugas bank akan datang,untuk mengambil semua kelengkapan dokumen, mengecek keberadaan domisili anda,dan melakukan wawancara. Pada saat wawancara,jangan terlihat anda gugup,rileks saja ceritakan untuk apa anda membutuhkan dana tersebut,dan kalau memang diperlukan tidak ada salahnya mengajak untuk melihat cara kerja usaha anda( bila sudah berjalan).

Namun biasanya ketika akan memberikan kredit,bank akan lebih sedikit luwes bila anda memiliki jaminan seperti kendaraan atau rumah,dan akan memberikan kredit 70-80 prosen dari nilai yang di jaminkan.Tetapi bila tidak memiliki jaminan,akan di kenakan bunga yang cukup tinggi 36-60 persen per tahun (bunga menurun),yang di kategorikan sebagai kredit tanpa jaminan sejenis kartu kredit.


·         Pengadaian
Salah satu alternatif pembiayaan adalah pengadaian,tentunya kita harus memiliki barang yang dapat di gadaikan,sebaiknya dalam bentuk perhiasan,karena akan di taksir/dinilai lebih tinggi daripada sekedar barang lainnya.Ada sebuah perbedaan yang cukup mendasar dari pegadaian dibandingkan kredit dari bank,bila kita menggadaikan barang seperti emas di pegadaian ,selain memiliki keuntungan nilai dari emas/perhiasan yang kita gadaikan akan meningkat seiring dengan naiknya harga emas,sehingga kita dapat mendapatkan tambahan pinjaman, dan hanya membayar bunganya saja,tanpa harus membayar pokok,yang tentunya agak sedikit meringankan.Tetapi ada kelemahannya,kita tidak bisa menggadaikan untuk waktu yang lebih lama,dan harus memperpanjang,agar tidak di lelang.
·         Meminjam dari teman/saudara/kantor
Jangan sungkan untuk meminjam dari teman,saudara atau kantor,jelaskan untuk apa anda menggunakan uang itu nantinya.tetapi yang perlu di ingat,jangan lah melukai orang atau siapa saja yang telah berbaik hati meminjamkan kepada anda.karena meminjamkannya tanpa memberikan bunga,dan niat ingin membantu. Sangatlah tidak baik,setelah mereka membantu,malah kita membuat susah dengan tidak mengembalikan apa yang telah kita pinjam.Kepercayaan mereka akan hilang dan kita akan memiliki hubungan yang tidak baik.

·         Menjual asset
Tidak disarankan untuk menjual asset yang anda miliki,bila tidak benar benar mendesak,karena asset yang kita miliki khususnya tanah,emas,dan rumah memiliki nilai yang akan meningkat,sehingga lebih baik untuk di gadaikan dengan catatan,memiliki kemampuan dan keyakinan membayar cicilannya. Asset yang bergerak seperti mobil dan motor pun,bila dipergunakan oleh anda untuk bekerja,atau keluarga anda membutuhkan,lebih baik jangan dijual. Karena sebuah usaha pasti membutuhkam kendaraan dalam proses kerjanya.


9.    Pengaturan keuangan
·         Memisahkan dengan pengeluaran pribadi
Pisahkanlah pengeluaran pribadi anda dengan pengeluaran perusahaan agar perusahaan tetap terlihat sehat dan memiliki dana untuk melakukan kegiatan usaha. Usaha kecil menjadi bangkrut,seringkali karena ulah pemiliknya,yang menghamburkan uangnya ketika mendapatkan keuntungan berlebih,atau tercampur kebutuhan rumah tangga.
·         Membuat modal awal
Buatlah modal awal,yang memungkinkan anda untuk melakukan kegiatan usaha, sebagai contoh,bila anda dalam satu bulan membutuhkan Rp.3000.000 untuk menjalankan usaha anda,dari membeli bahan pokok,membayar listrik,telepon gaji pegawai,maka modal awal yang harus anda siapkan adalah Rp.3000.000,- tapi pasti anda membutuhkan dana taktis yang terkadang tidak diduga,tambahkan 30-60 persen dari modal awal,untuk berjaga jaga,bilamana di butuhkan. Bila anda sebulan mendapatkan penghasilan Rp.6000.000,maka keuntungan yang diperoleh adalah Rp.3000.000,- sisihkan dari Rp.3000.000,- itu 30 persen untuk menambah modal,1/3 untuk di simpan di bank sebagai kekayaan perusahaan dan hanya di ambil bila ingin melakukan investasi,sisanya boleh untuk anda habiskan,tapi jangan buat foya foya,lebih bagus lagi di tabung juga. Yang lebih konservatif lagi adalah pada modal awal,sudah diberikan jatah untuk gaji anda,(anda pengen di gaji juga toch),dan bila ada selisih dari modal yang di keluarkan semuanya di tabungkan sebagai keuntungan perusahaan dan tidak boleh di kutak katik. Dan kalau memungkinkan buatlah pemisahan rekening bank anda dengan rekening usaha anda,agar tidak tercampur mana  yang merupakan hasil kegiatan usaha,dan kegiatan anda. Karena tidak mustahil,anda juga memiliki tambahan penghasilan dari usaha anda yang lainnya,yang cukup lumayan walaupun tidak rutin.
3.Biasakan mencatat
Selalu lah mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan setiap hari. Terlepas apakah itu pengeluaran pribadi atau usaha,anda bisa melakukan proses catat mencatat dengan menggunakan aplikasi excel. Dengan mencatat dengan detail anda dapat mengetahui pos pos pengeluaran apa saja yang telah dilakukan,dan bisa menguranginya bila dirasakan tidak perlu,atau sebagai pengingat untuk mengetahui kemana saja uang yang anda miliki telah di belanjakan,mungkin terkesan terlalu bertele tele,tapi nantinya anda akan merasakan betapa pentingnya proses ini.  Jangan sampai terjadi,merasa telah menjual barang  dalam jumlah yang banyak,tetapi dana atau uang yang dipegang tidak ada,hal ini biasa terjadi,karena kita lupa atau boros membelanjakan ke hal hal yang tidak perlu.


4. Tundalah kewajiban
   Walaupun tidak disarankan,menunda kewajiban membayar pajak kendaraan,telepon,listrik,pajak bumi dan bangunan,kartu kredit tidak apa apa untuk dilakukan. Tetapi tentunya harus di atur dan ditentukan berapa lama penundaannya. Untuk rekening telepon,listrik,air,hanya bisa di tunda tidak lebih dari 2 bulan,selain akan diputus,juga akan membuat kita semakin beras membayarnya. Untuk kendaraan bermotor,menundanya lebih baik tidk lebih dari 3 atau 5 tahun,seiring dengn penggantian plat kendaraan anda. Sebenarnya dengan anda menunda ada keuntungan yang diperoleh oleh pemerintah atau perusahaan,yang berasal dari denda yang anda bayarkan.Jadi tidak perlu malu dan takut,tetapi jangan jadikan ini sebuah kebiasan karena kalau keterusan akan bisa kebablasan.
10.      Pengembangan usaha
Bila di mungkinkan,tidak ada salahnya untuk melakukan pengembangan usaha,baik itu usaha yang sejenis dengan membuka cabang,atau melakukan usaha lainnya yang ada hubungannya dengan usaha yang sudah ada. Bila usaha anda adalah membuka salon,cucian mobil,restauran dan usaha lainnya,yang membutuhkan tempat untuk melakukan kegiatan usaha,jangan lupa untuk memiliki sendiri tempat usaha anda bila anda sudah merasa mampu,karena bila anda hanya menyewa,dengan jangka waktu yang sebentar 1 atau 2 tahun saja, jangan di salahkan bila si pemilik bangunan atau tanah,tertarik ingin melakukan usaha seperti yang anda lakukan,dan tidak memperpanjang kontrak. Jadi jeli lah melihat perkembangan usaha anda,dan binalah hubungan yang baik dengan si pemilik gedung atau tanah. Dalam melakukan pengembangan usaha bisa di lakukan dengan cara sendiri (modal sendiri atau patungan) bisa juga dengan cara franchise. Franchise bisa dilakukan bila anda,sudah benar benar yakin: produk anda memiliki standar mutu yang bagus,baik dari proses pekerjaan,pemilihan pegawai,desain tempat,dan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan usaha,dengan tujuan menghasilkan suasanan yang sama dengan cabang utama,sehingga konsumen tidak merasakan sebuah perbedaan. Namun bila anda membuka franchise,hanya karena ingin cepat maju dan membuka cabang karena tidak punya modal sendiri,dan belum lama mendirikan usaha,jangan harap usaha anda akan lancar,karena anda sendiri belum memiliki pengalaman yang cukup.
            Dalam proses pengembangan usaha,ada beberapa hal yang harus dipersiapkan,seperti:
Pembelian lahan tanah:
Bila usaha anda adalah mendekorasi pernikahan,supermarket,rental mobil,percetakan dan jenis usaha lainnya, yang membutuhkan memiliki peralatan yang harus disiapkan dan digunakan berulangkali,maka anda membutuhkan lahan untuk  gudang dimana anda menyimpan semua barang yang digunakan. Hal ini terkadang dilupakan oleh para pelaku usaha,di mana ketika mereka mau mengembangkan usaha,maka yang dilakukan adalah membeli ruko atau tempat mereka melakukan usaha,dan melupakan menyiapkan gudang. Lahan yang yang kita miliki tersebut,dapat kita jugakan sebagai mess karyawan,agar karyawan lebih bisa berhemat,khususnya yang belum berkeluarga dan jauh dari kampung halamannya,tempat pelatihan karywan,dan selain itu juga,membuat kita akan lebih mudah berkomunikasi dengan mereka.
Pembukaan cabang
Membuka cabang adalah salah satu bentuk mendekatkan usaha kita kepada konsumen,agar konsumen lebih mudah mengkonsumsi atau mengetahui apa yang kita tawarkan.  Bank dan restauran banyak melakukan cara ini,dalam mencapai konsumen sebanyak mungkin. Mengapa demikian, karena konsumen harus datang langsung untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Ada sebuah jalan di jakarta,jalan pangeran jayakarta,dimana di jalan tersebut,sebuah bank swasta memiliki 2 cabang hanya di jalan itu saja,yang berseberangan. Bank tersebut juga memiliki cabang yang tidak begitu jauh dari jalan tersebut. Ini menandakan bank tersebut tidak mau kehilangan nasabahnya.Padahal di eropa ada sebuah bank yang sama sekali tidak memiliki cabang,karena semua transaksi nasabahnya dilakukan melalui internet,phone banking atau atm saja,untuk proses administrasi saja di kantor pusat. Indonesia,pelan tapi pasti mungkin akan menuju ke arah sana,dengan pertimbangan,semakin majunya tekhnologi informasi,pendidikan masyarakat,dan mahalnya penyediaan lahan membuka cabang.
            Pembukaan cabang,sebaiknya tidak saja di lihat dari mendekatkan diri kepada konsumen,tapi juga sebagai penambahan asset perusahaan,mengapa demikian banyak yang bilang lokasi,lokasi,dan lokasi yang menentukan. Lokasi yang strategis bagi kita,dalam menjual produk,seperti yang dilakukan ,mc donald, yang membuka outletnya pertama kali di jalam MH. Thamrin jakarta,di tempat perkantoran dan tepat di persimpangan jalan,membuat nya terlihat langsung oleh konsumen dan calon konsumennya. Ketika semakin berkembangnya daerah tersebut,semakin mahal pula tanahnya,dan semakin meningkat pula asset perusahaan.
            Membuka cabang,bisa dengan membeli ruko,atau rumah tergantung dari  jenis usaha yang kita miliki. Bila usaha kita,tidak memerlukan orang berinteraksi langsung,dan kebetulan harga ruko mahal,tida ada salahnya melakukan usaha di rumah (sejauh tidak ada larangan berusaha di perumahan). Seperti usaha catering,event organizer,konveksi.
            Selain hal di atas melakukan pembelian armada angkut,juga perlu diperhitungkan,banyak restauran menyediakan layan antar,untuk memudahkan konsumen menikmati makanan tanpa perlu datang,dan memperluas jangkauan usaha,tanpa membuka cabang. Namun tentu terkadang ada beberapa kendala,makanan menjadi dingin,es mencair,tetapi setidaknya membuat konsumen tetap loyal pada perusahaan kita. Penambahan armada seperti layanan antar,bisa dilakukan dengan biaya sendiri,atau memberikan insentip kepada karyawan yang memilik kendaraan.
            Bagi perusahaan yang harus memiliki tambahan kendaraan angkut,seperti usaha rental tanaman,florist,jemputan anak sekolah.lakukan pertimbangan apakah,penambahan satu mobil sudah menghasilkan keuntungan yang dapat membayar mobil secara mengangsur(seolah olah menyewa),armada yang sudah ada,tidak sanggup lagi melakukannya (overload), bila keadaanya kurang lebih seperti itu,maka perlu penambahan kendaraan. Untuk penambahan armada tidak lah harus yang baru,bekas juga boleh,dengan melihat kondisi dan tidak lebih lima tahun umur kendaraan yang ingin kita beli, dengan maksud,bila kita melakukan kredit 3-5 tahun,ketika ingin menjualnya,tidak akan mengalami kesulitan dan masih memiliki umur ekonomis (masih layak di jual).

Analisa pesaing
Karena memiliki tingkat kesulitan yang rendah siapa saja bisa melakukan usaha yang sama dengan yang anda lakukan,pesaing akan banyak datang dengan kekuatan yang berbeda beda,baik dari sisi pengalaman,pengetahuan manajemen,permodalan,dan dukungan jaringan. Namun semua hal itu jangan menjadikan anda,untuk berkecil hati,anda harus menganggap semua pesaing yang datang adalah pemacu anda untuk dapat lebih maju lagi dalam mencari dan membinan konsumen yang sudah ada. Bagaimana cara agar dapat mengantisipasi pesaing yang ada. Tentu saja tidak mudah,terlebih bila kita tidak mengetahui siapa pesaing kita.  Langkah yang paling aman sebelum mengalahkan pesaing adalah membuat daerah yang menjadi “kekuasaan” anda menjadi semakin besar,dan menjadikan siapapun yang ingin meniru usaha anda,tak akan memperoleh kesempatan berusaha,tapi tentunya ini susah,dan biasanya membutuhkan waktu yang lama. Cara yang paling masuk akal dan terukur adalah, selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen anda,dengan selalu memberikan apa yang konsumen inginkan. Tidak semua apa yang di inginkan konsumen dapat kita berikan,karena berkaitan dengan kemampuan keuangan,ketersediaan produk,dan hal lainnya,tetapi,tidak ada salahnya berusaha menyenangkan,anggap konsumen anda kekasih anda,dan bidiklah hatinya. Tebar pesona,layaknya seorang lelaki yang menarik,menebarkan pesona produk anda dengan tekhnik pemasaran yang efektif,manfaatkan tekhnology internet untuk menyebarkan informasi tentang keberadaan produk yang kita miliki kepada konsumen yang benar benar mencari dan memiliki potensi untuk membelinya. Dengan kesiapan kita yang tinggi,siapapun yang menyerang kita (pesaing) kita akan mampu mengalahkannya,atau walaupun kita kalah,akan mampu membalasnya dalam waktu yang singkat.
Melihat peluang baru
Ada sebuah buku yang menceritakan tentang kehidupan dua ekor tikus,yang tinggal sebuah lubang yang dipenuhi keju yang banyak. Tikus yang satu setiap hari hanya menghabiskan keju yang ada,sedangkan tikus yang lainnya,setiap hari bergerak terus menerus menjelajahi lubang yang ada,untuk mencari sesuatu yang baru. Maksud dari cerita tersebut adalah,bila kita hanya fokus pada satu bidang saja dan melupakan peluang yang lain,lama lama masa kejayaan yang kita miliki akan sirna,dan ketika sadar,sudah terlambat,dan susah memulai sesuatu yang baru.
            Mungkin 30 tahun yang lalu,orang tidak akan menyangka ada tekhnologi yang di namakan internet,yang bisa menggantikan koran dan  mungkin juga televisi.Pelan tapi pasti keberadaan koran konvensional akan hilang,hilang karena bahan bakunya yang akan habis,atau hilang karena tidak ada konsumen yang membacanya,karena semua orang terlalu sibuk untuk membaca.Dan lebih memilih membaca berita ketika mereka sedang browsing di internet,dan bisa didapatkan secara gratis,lewat wifi. Dan sekarang sudah ada beberapa perusahaan surat kabar,yang membuat website,dengan nama surat kabar mereka,untuk mengantisipasi dan merebut peluang yang ada.
            Usaha yang lain pun,suatu saat akan mengalami kejenuhan,oleh karena itu,bila kita melakukan usaha,dan merasa sudah tidak mungkin berkembang,jangan lupa untuk mencoba peluang usaha baru,syukur syukur dua duanyamenjadi maju sehingga menambah pendapatan anda,tetapi bila usaha awal,tak dapat berkembang anda sudah memiliki cadangannya.Tetapi tidak disarankan menunggu usaha anda hancur lalu meninggalkannya,karena terkadang, ada yang bisa mengelola usaha yang kita miliki lebih baik dari yang kita lakukan,dan tidak ada salahnya menawarkan mereka untuk mengelola atau membeli dari anda. Sebelum anda beralih ke bisnis atau peluang usaha yang baru,maksimalkan terlebih dahulu potnsi usaha anda. Bila tadinya usaha anda hanya menjual rangkaian bunga(florist), anda bisa mengembangkannya untuk menjual bunga potong,dekorasi pernikahan,yang masih ada hubungannya dengan usaha awal, selain anda mengetahui bisnis ini dengan baik,tidak perlu terlalu memulainya dari awal lagi. Bila usaha anda hanya sekedar fotocopy di depan kampus,mengapa tidak diperluas menjadi pengetikan,penjilidan skripsi,dan masih banyak contoh lainnya.
Namun bila anda mau melirik peluang baru,saat ini ada beberapa usaha baru yang bisa di jadikan peluang seperti cuci helm motor,hotel tipe melati model rukom,membuat kost kostan dengan memanfaatkan banyaknya apartemen yang sedang di bangun, bisa di jadikan peluang baru.
Mengatasi keluhan pelanggan
Pelanggan adalah raja, pemikiran itu adalah modal awal anda dalam melangkah menuju kesukesesan. Dengan menganggap pelanggan adalah segalanya ,bagi usaha anda,akan membuat anda terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik. Anda bisa menganggap pelanggan adalah kekasih anda,yang harus di bina terus rasa sayangnya. Jika anda dapat membidik langsung ke hatinya,dia tidak akan  melirik ke pria lain,dan selalu memaafkan anda bila melakukan kesalahan,begitu juga dengan pelanggan. Bila anda bisa selalu memuaskan pelanggan,dengan pelayanan yang prima,sekali dua anda melakukan kesalahan,mereka akan selalu memaafkan dan bila anda menaikkan harga mereka pun akan memaklumi demi mendapatkan kepuasan yang akan diberikan. Jadi sebenarnya mudah kan membina pelanggan,nach ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelanngan puas,yaitu:
·         Selalu mengetahui apa yang di inginkan pelanggan anda.
·         Selalu dapat memberikan yang belum mereka minta
·         Selalu memberikan tanggapan yang cepat bila ada keluhan
·         Selalu sopan dan ramah,bila mereka mengeluh,khan mereka “kekasih anda”
·         Selalu senantiasa dekat dengan mereka






BAB II  ON LINE MARKETING
Kendala  pengusaha kecil adalah,bagaimana orang tahu produk yang mereka jual,karena kalau orang tidak tahu,apa yang anda jual,bagaimana anda bisa menjualkan produk anda. Banyak cara sebenarnya yang biasa dan pernah di lakukan orang untuk memasarkan produknya,baik dari memasang iklan (radio,tv,majalah),menyebar brosur,mengikuti pameran,atau bahkan mengadakan pertemuan pertemuan yang biasa dilakukan multi level marketing. Sekarang era tekhnologi informasi,pergunakanlah sarana internet untuk memasarkan produk anda,selain murah,saat ini cara ini lebih tepat mengenai sasaran.
Kebanyakan pengusaha kecil agak gatek( gagap tekhnologi) tapi ini jangan dijadikan halangan untuk tidak menggunakan media internet. Untuk menjadi sukses dalam memasarkan produk anda adalah anda tahu siapa calon pelanggan anda,dan apa yang mereka inginkan dari produk anda. Buatlah harga penawaran dengan membungkusnya dalam paket paket yang menggiurkan dan menarik dibandingkan pesaing anda. Dalam memasarkan lewat bisa lewat media,blog,membuat website,jejaring sosial (seperti facebook),tetapi “please” jangan menyerahkan sepenuhnya,kepada seorang webmaster untuk membuatnya,karena mereka belum tentu mengetahui apa keinginan anda,dan mengenal produk anda.Anda harus memberikan masukan yang tepat,karena  bila tidak tepat,produk yang di tawarkan tidak akan tepat sasaran. Beberapa cara dibawah ini dapat di jadikan masukan agar web/blog anda menjadi nomer 1,di internet search engine,sehingga dapat dikenal banyak orang.

1.      KEYWORD
Keyword adalah sebuah kata yang di masukkan oleh para surfer ketika mereka hendak mencari sesuatu yang diinginkan,seperti mengetik florist,untuk mengetahui website toko yang menjual bunga. Dan akan menampilkan semua web yang berkaitan dengan kata florist.  Untuk itu keyword sangat penting bagi  pemilik  web,agar memudahkan para pencari menemukan keberadaan web mereka. Pemilihan keyword  yang sesuai dengan web yang dimiliki,sangatlah penting,dan membutuhkan pemikiran tersendiri, karena hanya pemilik weblah yang mengetahui kriteria apa yang sesuai dengan keyword,kata yang di tulis pada mesin pencari,seperti google atau yahoo.  Setelah mengetahui kriteria  apa yang sesuai dengan web yang di miliki,langkah selanjutnya adalah mengetahui short cut keyword yang biasanya di cari atau di tulis oleh para pencari (surfer). Sebagai gambaran,seorang pengusaha penyewaan tanaman hias,harus mengetahui kira kira,apa yang akan di ketik oleh calon pelanggannya ketika ingin mencari perusahaan yang menyewakan tanaman hias,apakah para pencari itu menulis tanaman,tanaman hias,atau sewa tanaman. Pemilihan satu buah keyword utama untuk web yang dimiliki,harus benar benar tepat,agar pencari langsung mengarah ke web kita. Pemilihan keyword yang tepat dapat di integrasikan menjadi sebuah nama domain yang dimiliki. Sebagai contoh,kalau para pencari,lebih sering menulis kata florist untuk mencari sebuah toko bunga,maka pemilihan domain,dengan  nama  florist.com,akan sangat tepat di banding yang lainnya.
Untuk mendapatkan kumpulan keyword yang relevan dan saling berhubungan dapat menggunakan sofwrare pembantu seperti : IBP atau software lainnya yang dapat dicari melalui internet,menggunakan fasiltas yang ada di yaitu  google https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal,pada google,kita pun dapat mengetahui keyword apa yang dimiliki oleh pesaing kita,sehingga kita dapat menambahkannya pada keyword  yang kita miliki,agar bisa ikut  terlihat. Dalam menetapkan sebuah keyword,perlu di pikirkan sebuah keyword yang lebih khusus,yang mungkin saja di tulis oleh para netter,seperti, rumah murah harga 100 juta, atau yang bersifat lokal “toko bunga jakarta”. Malah sebuah keyword yang berisikan ejaan yang salah pun dapat di masukkan,akibat ketergesaan dalam menulis seperti,” permahan di jakarta” di mana kurang huruf “u’pada kata perumahan.
1.       Keyword pada domain name, jika Anda memiliki website yang merupakan sebuah toko bunga,dan berisikan gambar gambar bunga,maka pemberian nama domain anda menjadi tokobunga.com atau bunga.com, maka secara tidak langsung ketika kita mengetik nama tersebut sama saja dengan mencari sebuah web dengan nama tokobunga,maka secara langsung akan di arahkan oleh search engine..
2.       Keyword pada nama file, misalnya Anda memiliki halaman web tentang sewa tanaman,maka file  html nya sebaiknya diberi nama sewatanaman.html,hal ini akan menaikankan peringkat anda pada mesin pencari.
3.       Keyword pada nama file gambar, Bila anda memiliki banyak file gambar yang harus ditampilkan,lebih baik bila file file tersebut di beri nama,yang sekaligus berfungsi sebagai keyword sepert : gambarbunga01.jpg,rumah01.gif. Search engine akan memperhitungka nama nama file tersebut sebagai sebuah tambahan keyword,dan bukan sebagai spam,bayangkan bila anda memiliki banyak file gambar,sangat membantu bukan
4.       Keyword pada page title, tag  sangat berpengaruh pada rangking search engine. Rancanglah sebuah title yang menarik untuk dibaca dan jaga agar ukurannya tidak melebihi 70 karakter.
5.       Usahakan agar halaman web Anda memakai page headline (H1-6), dan gunakan keyword utama sebagai 

healine

. Hindari pemakaian font yang terlalu kecil dan susah dibaca.

6.       Jika Anda memasang image ingatlah agar selalu melengkapinya dengan atribut alt. Beberapa search engine menggunakan alt tag sebagai pedoman relevansi hasil pencarian. ”tambahkan.
7.       Meskipun tidak banyak, beberapa search engine juga membaca comment tag. Isilah comment tag Anda dengan beberapa keyword yang relevan.
8.       Buang perintah perintah yang tidak perlu seperti tag,baris baru,yang tidak diperlukan.Dreamwever memilki fasilitas itu dengan memilih menu command,lalu clean up html.
9.       Jangan gunakan karakter yang aneh aneh dan rumit,dan gunakan kode HTML,yang valid sehingga search engine tidak mengalami kesulitan dalam mengindex web anda.
10.   Usahakan memiliki minimal enam halaman pada web anda,dan setiap halaman memiliki optimasi keyword yang sama.
11.   Desainlah agar setiap halaman di web anda memiliki 200 karakter,agar dapat di kenali oleh search engine.
12.   Beberapa search engine utama seperti  Google memberikan poin lebih banyak untuk paragraf-paragraf yang letaknya di awal. Jadi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, usahakan memakai keyword-keyword andalan Anda di awal halaman.
4.      Deskripsi website
Deskripsi sebuah website,berisikan  informasi yang website anda tawarkan,bila anda menjual aki bekas atau rental tanaman,maka di dalam deskripsi,anda harus menuliskan hal hal apa saja yang anda tawarkan berkaitan dengan produk tersebut. Penulisan deskripsi dapat di lakukan pada menu properties pada front page,dan dreamwever,dengan ketentuan penulisan  tidak boleh melebihi 250 karakter,agar search engine dapat dan mau membacanya.  
Pada penulisan deskripsi,haruslah menyertakan kata,yang berkaitan dengan keyword yang kita inginkan sering di cari oleh para netter. Deskripsi untuk setiap halaman haruslah berbeda,agar setiap halaman web yang kita miliki memiliki kekuatan  yang berbeda,dan dapat  saling mendukung posisi. Tidak mengherankan bila kita memiliki key word yang kuat,bisa saja alamat kita akan muncul beberapa kali, pada posisi 10 besar,,sebagai contoh bisa dilihat pada pencarian keyword aki bekas, yahoo menampilkan website akibekas.com dan akibekas,com.tips.html, karena dua halaman web tersebut memiliki keterangan mengenai aki bekas.

urutan aki bekas do yahoo




Penulisan deskripsi bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan kode html,dan menuliskan pada program notepad,seperti terlihat di bawah ini :

gambar deskripsi
Namun bila tidak mau repot,dapat menggunakan menu properties,seperti pada microsoft front page:

page properties frontpage


5.      Site Map (peta sistus)
Sitemap adalah cara mudah bagi seorang websmaster /pemilik situs memberitahukan kepada mesin pencari (search engine) halaman yang ada pada
sebuah situs,agar mau untuk di indeks,karena terkadang search engine,tidak dapat menemukan semua halaman yang kita miliki. Dengan adanya sitemap,sebuah search engine,akan mengetahuistruktur dari web yang kita miliki. Penggunaan sebuah sitemap sangat diperlukan bila web anda:
·         memiliki content yang sangat dinamis
·         memiliki banyak image/gambar
·         Merupakan situs yang baru,
·         Memiliki banyak link
·         Ingin mudah dipahami pengunjung

Mendaftarkan di google,dengan menulis alamat www.google.com/webmaster,dan memilih alat webmaster,seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Sebelum mendaftar,anda harus memilki alamat email di google.


site map google



Anda akan diharuskan memilih menambahkan file dengan nama google-site-verification: google7f162c65bd11b6c5.html, ke dalam direktory website anda,atau menambahkan skrip meta seperti ini,

Dimana Meta tag harus berada pada bagian , sebelum bagian pertama,
pada file index.html,yang anda miliki.

Setelah anda menambahkan dan menyimpannya,anda harus mengklik tombol verifikasi,yang menandakan bahwa situs anda sudah terdaftar di google.

6.      Program iklan baris
Memasang iklan produk yang anda jual pada situs iklan gratis,dapat mendukung usaha anda agar produk yang di tawarkan  diketahui oleh para netter. Ada beberapa program pemasang iklan seperti pemasang iklan.com,dan autosubmit, yang langsung mendaftar kan web kita pada ratusan situs web iklan gratis yang ada di indonesia. Dengan mendaftarkan situs yang kita miliki,setidaknya membuat kita di bantu dalam memasarkan produk kita,sehingga akan mendirect konsumen,mengunjungi website yang kita miliki.  Semua situs pemasang iklan berupaya agar menjadi no 1 di google dan mesin pencari lainnya,kalau kita ikut didalamnya,mau tidak mau kita pun akan terbawa, Walaupun web/situs kita belum ada di halaman pertama mesin pencari. Pemasangan iklan di media iklan,di ibaratkan,menumpang kereta,yang membawa gerbong iklan,dan salah satunya kita,yang suatu saat pasti akan sampe juga,lebih cepat daripada usaha kita sendiri.Apalagi bila isi semua gerbong kereta iklan itu,iklan yang kita miliki,dapat di bayangkan bisa saja semua halaman semuanya mengenai produk yang kita milki. Contoh posisi penggunaan iklan baris dapat dilihat di bawah ini,

contoh rangking iklan baris



Software pemasang iklan baris,biasa dijual dengan waktu pemakaian satu bulan dan dijual dengan harga Rp 30.000/bulan. Pada program ini,kita dapat memasukkan semua deskripsi,mengenai web kita,dan dimana saja kita akan memasang iklan baris. Untuk program iklan baris yang bagus,biasanya dapat memasang iklan baris di ratusan portal iklan baris,secara otomatis,dan kita tidak perlu direpotkan lagi untuk memasukkan informasi kita satu persatu lagi.

gambar software pmasang iklan

7.      Registere at directory
Untuk memasarkan web yang kita miliki,kita perlu mendaftarkannya pada direktori yang ada,tujuan dari pendaftaran ini adalah agar web kita dapat ter indeks,diurutkan,oleh direktori ditempat kita daftarkan. Daftar beberapa direktori yang cukup potensial adalah sebagai berikut:
·         http://www.spurl.net
·         www.dmoz.org
·         www.digg.com
·         http://www.lynki.com
·         www.delicious.com
Direktori yang meng-index halaman web secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan Direktori dibanding search engine adalah mampu memberikan listing website yang lebih berkualitas. Tetapi karena semua proses dilakukan secara manual menggunakan editor manusia, jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Posisi dari sebuah direktori saat ini disamping menyediakan listing yang dapat dilihat per kategori adalah untuk menunjang relevansi hasil pencarian dari search engine. Maka dari itu rangking sebuah web di search engine juga dipengaruhi oleh listing website tersebut pada beberapa direktori utama. Contoh beberapa direktori besar yang sangat berpengaruh saat ini adalah Yahoo Directory, Open Directory, dan google. Direktory pada dasarnya hampir sama seperti bookmark,karena direktory merupakan kumpulan ribuan,bahkan ratusan ribu bookmark,dan juga berfungsi menciptakan link terhadap situs yang kita miliki.
8.      Register search engine

Search engine merupakan sebuah situs yang memiliki database besar yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet. Informasi yang dapat dibaca bisa berupa teks, gambar, suara, atau video. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut.
Dengan proses dan prosedur tertentu, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan alamat URL dan membaca semua isi atau content yang ada. Rangking sebuah web ditetapkan dengan metode tertentu sesuai dengan standar masing-masing search engine. Jadi pada umumnya semua search engine memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan apakah web site Anda bisa diterima atau tidak. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Google, Yahoo, Altavista, All The Web, dan Bing Saat ini Altavista dan AllTheWeb telah dibeli oleh Yahoo, sehingga mereka bisa dikatakan satu group dan menggunakan database yang sama. Maka dari itu hanya ada 3 pemain besar yang perlu Anda beri perhatian khusus, yaitu Google, Bing, dan Yahoo.
Mendaftarkan web kita pada search engine seperti google,yahoo dan bing,adalah merupakan salah satu syarat penting agar website kita tercatat,dan siap menunggu untuk dikunjungi oleh search engine. Namun dalam mencatatkan web anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
-       Tidak perlu mendaftar semua halaman web yang anda miliki,dan cari tahu berapa maksimal pendaftaran halaman web yang diperbolehkan pada search engine
-       Tidak perlu mendaftarkan di banyak search engine,selain membuang energi,juga tidak terlalu efektif,cukup di yahoo,Bing(msn) dan Google,saja karena mereka memiliki  database yang terbesar dan menguasai pasar saat ini,dan terkadang saling melengkapi satu sama yang lain
-       Pertimbangkan bila anda akan mensubmit,pada search engine yang meminta anda untuk melakukan pembayaran. Dengan melihat target area di mana anda akan melebarkan sayap usaha anda.
-       Lakukan pendaftaran dengan menggunakan koneksi internet yang cepat agar tidak mengalami hang dan down ditengah pendaftaran.
-       Gunakan software SEO untuk membantu usaha anda dalam mendaftar di search engine.
9.      Email signature
Biasakan untuk selalu membuat email signature di setiap email yang kita miliki.Ini merupakan informasi jati diri perusahaan yang kita miliki,dan memberikan image yang kredibel,bagi yang menerimanya. Dengan adanya email signature,pihak yang menerima,tentu akan melihat informasi yang tertera pada email yang dikirimkan,seperti alamat perusahaan,no telp/fax,dan posisi jabatan kita bila kita inginkan untuk di cantumkan. Pada yahoo untuk memasukkan email signature dengan memilih menu “opsi” yang ada di pojok kanan atas dan kemudian memilih menu signature/tanda tangan,seperti terlihat pada gambar:

setting email signature



Contoh email signature :

contoh email signature2


contoh email signature
10.  Blogspot

 Buatlah sebanyak mungkin blog mengenai produk yang di tawarkan,selain,untuk menjadikannnya link terhadap web yang anda miliki,blog juga dapat di jadikan mata pencarian lewat google adsens. Blog memiliki fitur yang lebih simple dari pada sebuah web site,sehingga dapat lebih bebas dalam menyampaikan produk anda. Sayangnya produk yang di tawarkan tidak bisa detail,dan hanya garis besarnya saja. Jadi gunakan blog sebagai jaring/link,untuk membawa pengunjungnya ke web anda yang sebenarnya. Buatlah blog mengenai musik,komputer,kiat kiat manajemen,yang pada ujungnya menyampaikan produk yang anda tawarkan yang mungkin saja berbeda dengan isi blog yang anda buat. Beberapa daftar blog yang dapat ikuti:


1.      www.blogspot.com
2.      www.blogstream.com
3.      www.blog.com
4.      www.globeofblogs.com
5.      www.blogspirit.com
6.      www.blogger.com
7.      www.myblogsite.com


11.  Adsense di google
Biarkan google ikut  jualan di web kita. Bila web kita di desain menggunakan dengan bahasa inggris,kita dapat membiarkan google,ikut berjualan.Di mana google akan menampilkan produk perusahaan yang memasang iklannya di goggle. Tentunya dengan berperannya kita membantu google,google pun akan bermurah hati membantu memperkenalkan web kita,agar lebih familiar dibanding web yang lainnya,dan atas kebaikan google pula,bila ada yang melakukan transaksi pembelian pada iklan yang terpasang pada web kita,google akan memberikan reward berupa uang yang besarannya hanya google yang tahu.
Tetapi sayangnya,pada umumnya web di indonesia,jarang yang menggunakan bahasa inggris,sehingga google,tidak mau menampilkan iklannya,tapi jangan kecewa dulu,google tetap memperbolehkan kita meletakkan search engine menunya di web yang kita miliki,dan tetap akan membayar bila ada yang meggunakannya.
Untuk mendaftarkannya web kita di google,harus memiliki google email,dan kita kan melihat tampilan di bawah ini:
google adsesnse



Kalau anda mengalami kesulitan untuk mendaftar di google adsense,ada beberapa portal lokal seperti google adsense,yaitu www.adsensecamp.com

adsensecamp

Gambar portal adsense lokal

12.  Link exchange

Lakukanlah tukar menukar link,dengan harapan semakin banyaknya web kita terhubung ke web yang lain,tentunya akan membuat web kita akan menjadi lebih populer, agar lebih efektif sebaiknya kita memilih melakukan link,kepada web yang cukup favorite dan banyak dikunjungi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pertukaran link dapat dilakukan secara manual,atau menggunakan software pembantu,yang dapat diperoleh di alamat dibawah ini:
·         http://link2me.com
·         http://www.linkexchangeit.com/
·         http://hello.web.id/


Untuk dapat melakukan tukar menukar link ,kita harus membuat sebuah halaman khusus,yang memperkenankan pihak lain mendaftarkan web mereka di tempat kita. Daftar link dapat kita perlihatkan atau tidak sama sekali kepada pengunjung,namun biasanya daftar link itu tidak di tampilkan,dan hanya untuk search engine saja. Letakkan file yang berisikan daftar (link.html) pada direktory utama web anda,skripnya dapat dilihat seperti dibawah ini:

link exchane



Gambar situs link exchange

13.  Afiliasi
Melakukan kerjasama atau afiliasi dengan perusahaan lain,dalam menjualkan produk mereka,dapat pula meningkatkan ranking kita,mengapa demikian karena pasti,kita akan memiliki link kepada web perusahaan tersebut,apalagi kalau perusahaan tersebut sudah terkenal,seperti amazon.com. Selain kita akan mendapatkan keuntungan juga bila ada yang membeli produk mereka,setelah melihat iklan nya dari web kita. Web yang kita miliki pun akan menjadi lebih ramai dikunjungi,adanya hubungan timbal balik.
Afiliasi hampir sama  dengan adsense yang ada pada google perbedaannya afiliasi hanya berhubungan dengan satu produk atau  satu perusahaan saja,dan tampilan banner yang terpampang hanya menampilkan iklan dari perusahaan yang melakukan kerjasama afiliasi dengan kita. Di Indonesia sudah cukup banyak website yang menawarkan penjualan dengan cara ini contohnya adalah

afiliasi
Gambar banner affiliasi


14.  Sosialita/social networking

o   Facebook.com
o   Friendster.com
o   Twitter.com
o   Perfspot.com

Bergabunglah dengan jejaring sosial seperti di atas,dengan bergabung,kita dapat menghimpun banyak teman,yang dapat kita jejali akan keberadaan produk kita.Tentunya kita pun harus aktif berinteraksi dengan mereka,agar keberadaan kita di ketahui. Di facebook  selain kita dapat meletakkan iklan dengan cara membayar,kita pun dapat mempromosikan produk kita secara gratis dengan menggunakan fasilitas market place(dapat di klik di kiri bawah) dan menampilkan pesan di “wall” lengkap dengan gambar produk /logo perusahaan kita.  Sebelum bergabung persiapkan apa saja yang ingin ditampilkan seperti:

·         Buat foto album mengenai produk yang di tawarkan
·         Sering membuat komentar di wall
·         Beritahukan teman anda bila ada produk baru dan discount
·         Menciptakan forum tanya jawab seputar produk
·         Membuat sebuah komunitas  yang interaktif



15.  Email mass
Tak kenal maka tak sayang,peribahasa itu sangatlah tepat sekali bagi keberadaan sebuah web di internet.  Konsumen atau calon konsumen,yang mencari produk kita di internet,pastilah orang yang benar benar membutuhkan produk,atau ingin mengetahui produk tersebut,sehingga kita dapat langsung mengarahkannya ke pada web kita sehingga ketika mereka cocok akan melakukan pembelian. Tetapi bagaimana bila mereka sudah menggunakan produk lain,atau tidak mengetahui akan keberadaan produk yang anda tawarkan berguna bagi mereka,pemberitahuan lewat email adalah salah satu cara. Email yang dibuat haruslah berkesan  sebuah email yang informatif,dan bukan sebuah spam email (email sampah). Untuk itu pengumpulan daftar email,yang bisa di dapat dari database,koran,teman,sangatlah perlu dilakukan.
Sebuah email dapat menjadi sebuah media iklan dan lebih terarah,karena langsung mengena kepada siapa yang kita tuju,untuk itu selalu lakukan pemantauan setiap email yang anda kirim,apakah mendapat balasan,atau mengingatkan mereka,akan penawaran yang telah anda lakukan.
Agar email yang dikirimkan terlihat lebih spesifik dan tidak terkesan dikirim secara massal,penggunaan software pengirim mail seperti:
·         Max bull mailer di http://www.maxprog.com
o   Super email sender  http://www.flashfindmail.com/

Atomic mail sender                 http://www.mailsender.com/


Dapat diperhitungkan untuk di gunakan. Sebenarnya ada tekhnik sederhana agar email yang kita kirim,tidak diketahui dikirim secara massal oleh si penerima,dengan meletakka  emaill lain pada kotak “bcc”, tetapi kita tidak dapat mengganti judul,tidak dapat memberitahukan topik,atau spesifik person yang dituju. Dengan pengiriman email yang sifatnya informatif,calon konsumen akan mengetahui keberadaan kita dan produk yang ditawarkan,dan berikanlah reward seperti,dapat mencoba gratis/discount,berikanlah souvenir/ gift bila mereka mengunjungi dan mendaftar sebagai anggota,walaupun mereka tidak melakukan pembelian. Tetapi dengan mereka mau mendaftar,setidaknya kita sudah mengetahui minat dari mereka,dan dapat mengelolanya menjadi konsumen yang loyal. Untuk mengetahui efektivitas dari pengiriman email yang kita lakukan,kita dapat melakukan pelacakan apakah email yang kita kirim,telah di baca oleh yang kita tuju,(cara kerjanya hampir mirip bagi pemilik blackberry yang suka melakukan blackberry messenger,bila telah terbaca akan berubah iconnya menjadi r”read”) untuk itu anda dapat mengunjungi web di bawah ini:

16.  Mailing List
Bualtlah mailing list bagi konsumen anda,dengan adanya mailing list,maka akan tercipta interaksi antar konsumen,dan anda sebagai penjual. Dengan adanya mailing list,konsumen dapat memperoleh informasi mengenai produk yang ditawarkan. Adanya keluhan,tentang penggunaan produk,cara pengoperasian produk,masukan bagaimana seharusnya produk yang di butuhkan,dan terutama saling mengakrabkan sesama konsumen,bisa dengan membuat jadwal road test atau road show. Tentunya harus di hindari trik dari pesaing untuk menjelekkan produk dengan pura pura menjadi konsumen,dengan memberikan persyaratan untuk mendaftar di mailing list.  Agar kita dapat membuat sebuah mailing list,harus menanyakan terlebih dahulu,ke penyedia web hosting,sebelum anda melakukan hosting, karena tidak semua paket hosting menyediakan fitur,untuk membuat mailing list.
Selain membuat mailing list untuk konsumen anda,ikut serta sebagai anggota di mailing list lainnya patut untuk dilakukan. Hal ini akan membuat anda akan selalu di index oleh mesin pencari,dengan catatan selalu gunakan email dengan domain perusahaan anda (Sales@finsflorist.com). Dan kalau banyak yang berminat,tidak ada salahnya untuk membagikan email secara gratis kepada konsumen anda. Tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka

17.  Shadow web
Shadow web adalah sebuah web yang kita jadikan bayangan dari web yang kita miliki. Kita dapat membuat web,dengan isi yang sama persis dengan web utama,pada  hosting gratis, atau membuat web yang sama sekali baru,dengan memberikan banyak link ke web utama,yang merupakan tempat kita menjual produk. Shadow web pada dasarnya bertujuan membangun sebuah link populer,k arah web yang sebenarnya,untuk itu dalam membuat sebuah shadow web,harus di buat semenarik mungkin dengan topik yang sedang “ngetrend”.Tampilan design nya nya pun harus penuh animasi dan flash. Topik yang di pilih bisa mengenai dunia wanita,fashion,cosmetica, yang ujung unjung nya akan menawarkan produk yang anda miliki,tanpa pengunjung menyadari,bahwa kepemilikannya sama. Sebuah shadow web,di harapkan tidak boleh menjual atau membebankan pengunjungnya untuk membayar ketika ingin mendownload dan melihat artikel.
Semakin sering di aksesnya shadow web yang kita miliki,semakin tinggi pula kemungkinan orang akan mengakses web anda. Bahkan bisa saja suatu saat bila pengunjungnya sudah semakin banyak,akan banyak yang akan memasang iklan/banner di shadow web.

18.  Program SEO

Program SEO,pada dasarnya adalah sebuah cara untuk mempermudah kerja kita dalam melakukan link,dan mensubmit web yang kita miliki,karena mereka sudah mendesain untuk dapat melakukan link dan submit ke ribuan bahkan ratusan ribu alamat. Sebuah Software SEO,biasanya terdiri dari :
·         Keyword
Berfungsi mencari keyword yang sesuai dengan produk yang kita tawakan,dengan menampilkan keyword apa saja yang paling sering di akses.

·         Optimazation
Melakukan pengecekan terhadap website yang kita miliki,baik dari nama domain,content (isi), penjelasan yang di paparkan di dalam website,dengan tujuan memberitahukan kemungkinan kesuksesan yang dapat diraih untuk menjadi 10 besar di search engine

·         Link
Menambah link sebanyak mungkin adalah sebuah keharusan,tools ini mempermudah kita untuk melakukannya,dan mengecek apakah link yang kita buat masih valid di gunakan atau sudah tidak ada lagi.


·         Submit
Yang terakhir adalah mendaftarkan website yang kita miliki pada search engine dan directory, yang dominan dan berpengaruh,seperti google,bing dan yahoo.

Daftar di bawah ini adalah nama software SEO yang cukup populer di gunakan
·         Ibussines Promoter : http://www.axandra.com
·         SEO Elite
·         SEO Studio
·         SEO ToolKit
·         Site Tracker
·         Auditor
·         Keyword
·         SiteMap
·         Submite
·         Optimazation
·         Page Rank


19.  Topik yang menarik
Agar web anda,sering dan lama dikunjungi, penambahan topik topik yang menarik dan unik,adalah salah satu cara. Hal ini karena pada dasarnya para pengunjung,belum tentu setiap hari,akan melakukan transaksi pembelia,karena mereka tidak melakukan transaksi,tentunya tidak akan mengunjungi web kita. Untuk itu bagaimana caranya agar walaupun mereka tidak melakukan transaksi pembelian,tetapi tetap loyal untuk meng”klik” alamat web,penambahan content topik yang menarik dan dibutuhkan adalah cara yang jitu. Topik yang di buat haruslah memiliki tema yang unik dan  di butuhkan,dan tidak ada yang mengetahuinya,kalaupun ada tidak paham dan hapal.  Penambahan topik sebaiknya di buatkan dalam satu buah halaman khusus,namun di halaman utama,haruslah di beritahukan kabar atau berita baru apa yang ada hari ini. Jadwal pembuatan sim/stnk, jadwal sholat,jadwal penerbangan, atau kalau bisa selalu realtime daftar harga saham  bisa juga di tampilkan. Topik lainnya bisa saja yang relevan dengan produk yang di tawarkan,bila web kita adalah sebuah toko bunga online,cara merangkai bunga dan merawat bunga bisa dijadikan topik.
Topik yang anda buat,bisa saja anda jadikan sebuah newspaper, yang dapat di nikmati secara gratis dengan mengirimkan ke alamat email konsumen anda.pengiriman topik topik yang menarik akan membuat konsumen,akan selalu terikat dengan web anda,sehingga tak akan mencari dan membutuhkan yang lainnya.



20.  Nama Domain yang sesuai

Domain adalah sebuah alamat yang kita gunakan agar konsumen kita mengetahui  keberadaan kita di rimba internet ini.  Untuk menentukan sebuah nama domain,bukanlah sebuah proses sederhana,walaupun tidak di katakan susah juga. Hal ini karena ketika kita menentukan sebuah nama domain,maka nama itu akan terus di ingat dan susah untuk menggantinya,(mungkin harus buat bubur merah dan putih), kita harus mengulang kembali semua proses pemasaran,pencantuman di search engine,dan hal lainnya. Dan yang paling krusial adalah kehilangan calon konsumen. Memang ada beberapa cara,agar konsumen tetap dapat terhubung ke domain yang baru,dengan mendirectnya,tapi tetap saja banyak proses yang harus di lakukan. Dan yang paling utama yang harus anda lakukan adalah gunakan domain sendiri,dan jangan menggunakan domain gratisan,selain search engine tidak menyukainya,calon konsumen anda akan memandang negatif usaha anda,dan menganggap anda tidak “bonafid” (mau usaha masa ga mau keluar uang hanya 200ribu saja).
Ada beberapa ketentuan yang harus di ingat ketika menamakan sebuah domain yaitu:
·         Jangan menggunakan nama domain berupa singkatan,seperti AKRN.com dikarenakan orang tidak akan mengingatnya,apalagi susah untuk di ucapkan karena  akan memberikan citra negatif kepada perusahaan anda,kecuali,ketika nama perusahaan anda muncul sudah berupa singkatan. Namun domain yang singkat,padat dan jelaslah yang tepat unuk digunakan.
·         Jangan pula memilih nama domain yang panjang,hanya karena ingin  perusahaan anda,terlihat memiliki web. Anda  bisa dengan memilih dua kata depan saja,seperti Finsflorist,Bamboomedia
·         Bila anda ingin nama domain anda mudah di cari oleh orang dan search engine,buatlah nama domain sama dengan keyword dari produk atau jenis usaha yang anda tawarkan,seperti : Akibekas.com, tokobunga.com,atau florist.com.
·         Bila dana anda berlimpah,tidak ada salahnya untuk memiliki domain dengan nama yang sama ( domain skunder), namun dengan domain primer yang berbeda,seperti, finsmedia.com dan finsmedia.net. Hal ini di maksudkan agar tidak ada yang dapat memanipulasi keberadaan produk yang anda tawarkan.
·         Bila anda melakukan transaksi kebanyakan di Indonesia,pilihlah domain .co.id dan melakukan hosting di Indonesia,karena search engine,akan mencari domain lokal terlebih dahulu barulah domain yang lainnya,seperti .com atau .net. Jadi kita harus menyesuaikan dengan target pemasaran produk yang kita tawarkan.
·         Pemberian nama domain,sesuai dengan nama/merek produk yang anda tawarkan dapat memperkuat posisi perusahaan anda. Perusahaan otomotif daihatsu,mungkin sudah memiliki website sendiri,tetapi tidak untuk produk daihastu xenianya. Beberapa sinetron telah melakukan pembuatan website sesuai dengan nama sinetron mereka. Dengan membuat website yang terpisah,akan membuka peluang usaha bagi sebuah merk,untuk lebih gesit untuk melakukan persaingan.
·         Pemberian nama domain sesuai dengan nama pemilik juga di perkenankan. Bila anda seorang artis,pengusaha,tokoh politik,konsultan,nama anda adalah merek dari apa yang ingin anda tawarkan.Dengan mencantumkan nama anda sebagai nama domain,maka pengunjung web akan lebih yakin bahwa mereka akan dapat mengetahui dan mencari apa yang di nginkan mengenai anda,daripada mengunjungi website lainnya.
.COM
·         Domain terpopuler di dunia karena cukup tua dari yang lain
·         Memiliki visibility tinggi untuk diketahui oleh search engine
·         Sayangnya suka diambil,orang walaupun tidak melakukan hosting
.NET
·         Dipilih setelah .com tidak ada pilihan lagi
·         Dan harus dipilih walaupun sudah memiliki domain.com,untuk melindungi merek anda.

.INFO
·         Dipilih untuk website yang berisikan informasi,dikenal di seluruh dunia,cocok untuk perusahaan maupun individu
.BIZ
Dipilih untuk website yang berbasis e commerce,dan harus dipilih walaupun sudah memiliki domain.com untuk melindungi merek anda.
.ORG
Digunakan oleh organisasi,yang tidak mementingkan keuntungan,karena cukup familiar,walaupu anda sudah memiliki domain.com,harus memiliki domain ini juga.
.MOBI
Biasanya digunakan untuk website yang dapat dilihat pada handphone
.ME
Cocok untuk,blog,resume,personal,dan biasanya di khususnya perusahaan yang menawarkan produknya untuk remaja.

Domain memiliki beberapa bagian yaitu:

Park domain: Sebuah domain yang sudah/tidak aktif yang di arahkan ke domain utama yang aktif,sehingga domain yang di arahkan memiliki  tampilan yang sama dengan domain utama,dengan catatan domain yang di arahkan tidak mengalami perubahan alamat. Tujuan penggunaan park domain adalah menghasilkan traffic yang tinggi,karena biasanya domain utama sudah terkenal dan banyak di kunjungi. Sebagai gambaran, Finsflorist.com melakukan park domain ke bamboomedia.net,maka ketika orang membuka finsflorist.com akan melihat tampilan bamboomedia.net. Pernah mengenal www.17tahun.com,sebuah situs cerita dewasa,yang sekarang tidak aktif lagi,cobaah mengklik kesana,dan lihat perbedaannya.
Redirect domain : Melakukan foward atau meneruskan domain yang kita miliki ke domain lain. Cara kerjanya sama seperti call forward pada handphone,di mana ketika orang mengakses alamat domain awal, www.finsflorist.com maka akan di teruskan ke www.bamboomedia,net. Bandingkan dengan parked domain perbedaanya. Sayangnya  search engine membenci sangat membenci cara ini,sehingga mungkin saja tak akan mau mengindexnya.
Add on Domain: Sebuah cara yang memperbolehkan kita menjadikan direktory yang kita miliki pada domain utama,di jadikan seolah olah sebuah domain juga. Contohnya, bila website kita bernama  finsflorist.com,kemudian kita membuat direktory bernama bamboo,lalu direktory bamboo itu kita jadikan menjadi bamboo.com,dan bisa di akses dengan mengetikkan www.bamboo.com. Tidak akan ada yang menyangka bahwa alamat yang kita ketik tersebut adalah sebuah direktori.
Sub domain: Sebuah domain tambahan yang menjadi bagian dengan domain utama,biasa digunakan bila domain utama adalah nama perusahaannya,dan sub domain adalah produk ang di tawarkan. Domain utamanya www.fins.com,sub domainnya www.kacafilm.fins.com dan www.tapemobil.fins.com. Ada beberapa perusahaan hosting yang membolehkan kita melakukan hosting secara gratis,seperti www.t35.com, dan memberikan alamat untuk website kita menjadi www.finsflorist.t35.com 
21.  Membuat banner,template artikel dan menawarkannya

Bila anda suka membuat desain dengan photosop,animasi dalam flash,template design website,atikel  atau  aktivitas lainnya yang menggunakan komputer. Sangat disarankan untuk membagikannya,kepada orang lain lewat situs situs seperti di bawah ini; http://www.ez


Dengan membagikan hasil karya anda, maka dapat mengisi,formulir,yang disediakan,dan disana kita dapat mengisinya, dengan alamat web yang dimiliki yang tentunya ini akan menjadikan sebuah link dan promosi,dan bila ada yang melihat dan menyukainya akan di direct,mengunjungi web anda. Ada beberapa situs,yang akan memberi anda uang lelah,bila sering sering mengirimkan karya anda,asik bukan,promosi yang sekaligus di bayar. Topik yang bisa anda kirimkan,bisa saja artikel tips lebaran yang menyenangkan,tips melunasi tagihan kartu kredit,atau apa saja,yang menurut anda menarik dan orang membutuhkannya.


22.  Bookmark

Alangkah indahnya bila setiap orang ketika membuka browser,tampilan web kitalah yang mereka liat,maka dapat dibayangkan,betapa familiarnya orang dengan website kita,tentu juga dengan produk yang kita miliki. Cara yang paling mudah dan sedikit tolol,dengan  mengubah semua tampilan komputer yang ada,di setiap warnet,teman anda,atau kantor anda.Tapi berapa banyak waktu yang anda butuhkan dan biaya yang harus dikeluarkan selain tenaga dan rasa cemas,di marahi, ketika ketahuan. Pada dasarnya mencatatkan web anda juga bisa dilakukan pada situs situs seperti dibawah ini,tanpa harus menggunakan cara tadi.  Bookmark,sebenarnya sebuah cara,untuk mencatatkan web yang kita suka pada browser yang kita miliki,agar  kita tidak lupa,namun bila kita sedang tidak ada didepan komputer kita,tentu kita tidak dapat mengaksesnya. Fungsi situs di bawah ini,memungkinkan kita untuk selalu dapat mengingat web favorit,kita dimana saja.
site bookmark
§  http://www. bookmarks.yahoo.com

1.       http://infogue.com
2.       http://www.antarblog.com
3.       http://kafeinfo.com
4.       http://plazzavideo.com
5.       http://yehiapress.org
6.       http://memburu.info
7.       http://www.tentang.net
8.       http://www.indofeed.com
9.       http://definisi.net

23.  Pasang iklan berbayar

Jangan pelit,itu adalah prinsip pertama yang harus di ingat oleh anda. Walaupun  kita sudah no1 di search engine,jangan lupa untuk tetap memasang iklan di yahoo,google adword,facebook,detik.com  dan di portal lainnya yang memiliki jangkauan pembaca dan pengunjung yang tinggi. Dengan dipasang nya iklan kita di portal yang sering dikunjungi seperti contoh di atas tadi,kita akan menaikkan link popularity kita secara tidak langsung,selain di ketahui orang.Dengan terpasangnya iklan kita di web/portal yang cukup populer,kita akan dapat melebarkan pasar produk kita,karena portal tersebut sudah memiliki pengunjung setia. Facebook memiliki fitur yang bisa membuat lebih detail,mulai dari umur,tingkat pendidikan,jenis kelamin,siapa saja yang bisa melihat iklan yang kita tampilkan.
Patut di ingat dan terkadang dilupakan orang, sebuah web yang menjadi no 1 di search engine,hanyalah akan di lirik bila ada yang menulis keyword,dan  itu hanya dilakukan ketika mereka ingin mencari sesuatu yang mereka inginkan,sedangkan sebuah iklan akan selalu datang ke hadapan mereka,walaupun mereka tidak atau belum membutuhkannya. Dengan perpaduan yang saling melengkapi maka dapat dipastikan,produk yang anda tawarkan akan lebih banyak dibeli,dan akan banyak mengunjungi situs anda.
Cara pembayaran iklan bisa dengan cara jangka waktu tertentu ,satu bulan atau satu penuh di bayar di muka,atau yang diterapkan oleh google dengan cara pay per click(ppc), di mana dana kita yang kita setorkan akan berkurang bila ada yang meng click,banner iklan yang kita pasang. Anda bisa mengunjungi alamat ini bila ingin mengetahui lebih jelas http://www.google.co.id/intl/id/ads/

24.  Usia/Age
Seperti layaknya iklan sebuah produk rokok,yang menganggap usia muda belum tahu apa apa,begitu juga yang dilakukan search engine,terhadap website yang kita miliki. Semakin lama usia website kita,semakin mudah untuk di kenal oleh search engine untuk dan mendapatkan page rangking yang tinggi. Sebuah bank pemerintah yang berdiri sejak jaman penjajahan,tentu lebih dikenal daripada bank yang baru berdiri sejak tahun 90an karena dikeluarkannya paket perbankan. Tetapi bila bank tersebut tidak pernah gencar melakukan promosi,pelayanannya payah,bisa jadi hanya cukup dikenal saja,tanpa pernah mau menjadi nasabahnya. Begitu juga dengan keberadaan web anda,janganlah berkecil hati dan takut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya yang lebih dahulu berbisnis secara on line di internet. Untuk mengetahui berapa usia kita yang tercatat,kita dapat melihatnya dengan mengunjungi alamat situs: http://www.urlrate.com. Di dalam situs tersebut,kita dapat mengetahui kapan domain kita di daftarkan,dan berapa kira kira harga domain kita bila ingin dijual,berdasarkan kriteria usia,page rank dan trrafic.

nilai finsflorist


25.  Memilih Hosting Domain
Pemilihan tempat di mana kita mendaftarkan domain dan melakukan hosting,juga perlu diperhatikan. Ada beberapa tempat kita bisa menempatkan server,di indonesia,singapore atau di amerika. Pemilihan ketiga tempat tadi memiliki  banyak pertimbangan,yang harus diperhatikan,yaitu:
-          Harga yang bersaing
-          Target market yang di pilih
-          Layanan pelanggan
-          Perusahaan yang kompeten
-          Stabilitas jaringan/kecepatan server
-          Menawarkan banyak fasilitas
-          Backup data
-          Memberikan banyak bonus
-           

Daftar 10 web hosting di indonesia

1.       www.masterweb.net
2.       www.dijaminmurah.com
3.       www.kioshosting.com
4.       www.rumahweb.com
5.       www.idebagus.com
6.       www.indowebsite.com
8.       www.dapurhosting.com
9.       www.jagoanhosting.com
10.   www.idwebhost.com

BAB III.

Off line marketing


1.      Name Card
Kartu nama adalah cara pemasaran yang cukup kuno pula,tapi masih saja di gunakan oleh orang untuk memperkenalkan diri,ketika berjumpa. Namun sayangnya,sebuah kartu nama tidak di desain dengan serius,dan hanya menyerahkan pada percetakan untuk memilih design. Dari kartu nama itulah sebenarnya awal,sebuah ketertarikan seseorang terhadap yang memberikannya.  Untuk membuat sebuah kartu nama,pemilihan bahan kertas dari kartu nama,perlu diperhatikan, Warna pun harus di pilih yang menarik dan mencolok agar gampang di lihat dan berbeda dengan kartu nama lainnya. Baru setelah itu pilihlah jenis huruf yang memiliki karakter yang sesuai. Kartu nama tidak hanya menyampaikan informasi,mengenai siapa yang memilkinya,sebuah alamat,tetapi juga produk yang di tawarkan dan apa yang konsumen dapatkan bila menghubungi kita,oleh karenanya gunakanlah halaman belakang dari kartu nama dengan sebaiknya,malah ada yang membuat kartu nama dengan ukuran 2 hingga 4 kali ukuran normal,demi memperjelas produk yang di tawarkan,walaupun terkesan berlebihan.
2.      Brosur/Flier/catalog
Buatlah brosur  tentang produk  yang anda tawarkan.Brosur haruslah berisikan semua hal tentang apa yang anda tawarkan,dari jenisnya,kualifikasi,harga,dan di mana bisa di peroleh. Design dari brosur haruslah menarik,agar siapa pun yang melihat akan tertarik untuk melihatnya.  Untuk membuat sebuah brosur  tidak di perlukan biaya yang mahal,berkisar mulai dari Rp 500.000,- untuk 1000 lembar ukuran kertas A4 dengan catatan design dibuat sendiri.  Untuk membuat design brosur dapat  menggunakan adobe photosop,corel draw,atau mengambil template yang cukup banyak di internet,dan kemudian merubahnya sesuai dengan keinginan.  Manfaat dari sebuah brosur adalah,tidak semua orang atau konsumen selalu berinteraksi dengan internet,sehingga perlu diberitahu secara langsung,akan keberadaan produk yang kita tawarkan,atau perusahaan yang kita miliki. Dengan brosur,konsumen dapat membaca secar a detail,mengenai apa yang di tawarkan,namun sayangnya,bila tidak dibutuhkan brosur akan langsung di buang,dan tidak dapat menjalankan fungsi pemasarannya.

3.      Cd gratis
Membagi bagikan cd kepada konsumen,adalah sebuah cara pemasaran yang cukup efektif.  Semua informasi mengenai  produk yang ditawarkan dapat diletakkan di sana. Ada beberapa cara agar membuat  cd produk anda,tetatp di ingat,disimpan,dan digunakan terus menerus,walaupun belum melakukan transaksi pembelian. Dengan menambahkan file MP3,gambar pemandangan,file antivirus,yang semuanya dapat diperoleh secara gratis lewat internet,yang tentunya tidak melanggar hak cipta,kemudian mengemasnya dengan apik,mulai dari cover cd,hingga membuat gambar design yang unik pada lempengan cd,dengan menggunakan cd brite light, yang dapat dibeli dengan harga sekitar Rp600.000,- Dengan desain dan isi yang menarik konsumen akan segan untuk membuangnya,dan ketika menggunakannya akan mengingat terus produk anda.



4.      Sticker/label
Buatlah sticker/label, yang berisikan nama perusahaan anda,lengkap dengan produk yang di tawar kan,dan nomer telp yang bisa di hubungi. Pesan yang di sampaikan singkat saja,tidak perlu bertele tele,sehingga sticker/label  yang di buat tidak terlalu besar. Sticker/label dapat ditempel, di kaca mobil,di tanki motor,di kaca mobil angkutan umum dan di tempat yang sering orang lihat. Untuk itu perlu desain yang unik,agar orang mau melihat dan membacanya,walaupun belum tentu dapat mengingatnya,tapi dengan penempatan pada beberapa tempat setidaknya banyak orang tahu akan keberadaan perusahaan kita. Namun penempatan sticker/label tidak boleh sembarangan,agar produk yang di tawarkan terkesan ekslusif dan tidak murahan.

5.      Mug/kalendar/jam dinding/book note/pulpen/flash disk/kaos
Membagi bagikan mug,kalendar dan yang lainnya sebagai sebuah hadiah kepada pelanggan atau calon pelanggan,dapat membuat pelanggan selalu ingat akan keberadaan kita. Walaupun tingkat kefektifan nya susah untuk di ukur ,akan adanya sebuah pesanan karena hal di atas,namun setidaknya pesan yang disampaikan terus terlihat dan digunakan. Untuk pena dan flash disk,dapat di patri/di ukir kan nama perusahaan kita,untuk  pembuatan nama pada flash disk cukup dengan Rp5000- saja. Membuat  nama Sebuah jam dinding dengan nama di dalamnya dibutuhkan dana sekitar Rp 20.000 per buahnya untuk jumlah tertentu. Namun bila kita membuatnya sendiri tentu lebih murah,dan dapat menentukan designnya sendiri. Sebuah alat labeling mug,dapat di beli dengan harga sekitar Rp.1.500.000,-  dan sebuah mug dapat di beli dengan harga hanya 6000,- dengan desain yang unik dan menarik,selain mempromosikan produk,kita juga bisa juga berjualan mug,yang tentunya membuka sebuah celah bisnis baru. Ada sebuah alamat web yang cukup banyak menawarkan produk untuk promosi di http://www.barang-promosi.com/

cangkirkcl clocks








6.      Post card/kartu pos
Membuat sebuah kartu pos,dan mengirimkannya kepada konsumen anda ketika mereka  berulang tahun,lebaran,natal atau tahun baru,cukup efektif di terapkan.Konsumen merasa diperhatikan keberadaannya,dan anda tetap menjalakan proses pemasaran. Pembuatan topik pada post card,haruslah sederhana,mudah di ingat dan berkesan,bisa dengan menampilkan gambar penari bali,pemandangan di pantai,agar yang menerimanya mau menyimpannya karena sayang membuang sebuah gambar yang indah.Pesan yang anda samapaikan bisa saja,hanya menuliskan alamat web dan nomer telp yang bisa di hubungi cukup satu atau dua baris saja. Selain untuk memasarkan produk anda,bisa saja malah laku untuk di jual kepada yang berminat. Membuat sebuah post card pun tidak susah,banyak software yang dapat di gunakan,dan hanya membutuhkan sebuah printer dan kertas yang sesuai. Daya jangkau dari pemasaran anda pun menjadi lebih luas,lintas daerah bahkan negara.

7.      Program marketing

Lakukan kiat kiat promosi seperti:
·         Member get member
·         Discount
·         Viral marketing
·         Coupon

8.      Pameran
Sering seringlah mengikuti pameran. Bila anda memiliki produk yang benar benar anda produksi sendiri atau tidak ada yang mengetahuinya,pameran adalah sebuah ajang untuk memperkenalkan produk anda. Ikutilah pameran yang sesuai dengan  tema,dan memiliki kesamaan. Maksudnya adalah,bila produk anda adalah sebuah patung bali atau tas kulit, seyogyanya anda mengikuti pameran handycraft,dan bukan pameran mobil atau komputer. Memang  terkadang,ada pengunjung pameran mobil,yang iseng untuk membeli tas,bila ada yang menjualnya,tapi kemungkinannya sedikit sekali. Dengan mengikuti pameran,anda dapat mengetahui perkembangan pesaing dan trend  yang ada,sehingga dapat men”brainstorming” pikiran anda dalam menciptakan produk baru dan ide ide pemasaran.  Untuk itu sering seringlah bertanya ke departemen perdagangan,kementerian UMKN,dan KADIN, jadwal pameran yang mungkin ada,dan peluang apa yang bisa di ciptakan.


9.      Bakti sosial/Sponsor
Bakti sosial sangat erat kaitannya dengan  Corporate sosial responsibility (CSR) tanggung jawab sebuah perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya. Walaupun di titik beratkan membantu,lingkungan sekitarnya,seperti pemberian  sembako,membantu pendidikan sekolah,ujung ujungnya adalah sebuah bentuk promosi secara tidak langsung. Hal ini bisa saja dilakukan demi memperkenalkan perusahaan demi meningkatkan citra,apalagi bila diliput media massa. Selain bakti sosial,yang sifatnya bukan sebuah rutinitas,dan terkadang harus mencari momen yang tepat dan terkadang dipaksakan. Mensponsori sebuah bentuk kegiatan seperti balap mobil,olahraga (sepakbola),pagelaran musik,bisa menjadi  sebuah bentuk pengenalan diri produk yang kita miliki.

10.  Testimoni
Meminta pelanggan fanatik anda untuk menuliskan beberapa patah kata,yang memuji tentang kinerja anda,baik dari kualitas,pelayanan pelanggan,kecepatan dalam pengantaran,dan lainnya dapat membuat konsumen lebih percaya untuk melakukan order pembelian,apalagi kalau yang memberikan pernyataan adalah orang yang cukup di kenal masyarakat. Testimoni bisa di tulis pada web,atau mug anda,dengan slogan “Artis A juga pake” tentunya akan memberikan sebuah kebanggaan tersendiri. Untuk testimoni,haruslah selalu di update,dan setiap pengunjung harus dibuat untuk mau mengisinya,dan lakukan seleksi,jangan sampai isi dari testimoni,terlalu dibuat,dan terkesan berlebihan  atau ada pengulangan,hal ini agar yang membacanya tetap percaya akan keberadaan testimoni yang kita sertakan.

11.  Membangun komunitas/klub hobies
Komunitas adalah sebuah bentuk baru pembentukan loyalitas pelanggan. Dengan sebuah komunitas kita dapat memberitahukan apa saja tentang produk yang kita miliki,memberikan pelatihan bagaimana cara menggunakannya,memberikan kesempatan memperoleh update feature atau produk terbaru ,dengan harga discount. Dengan komunitas  kita dapat mengetahui berapa banyak pelanggan yang kita miliki dan mengetahui apa sebenarnya yang di butuhkan. Sehingga produk yang di hasilkan benar benar tepat sasaran dan memiliki tingkat pendapatan yang sudah dapat di perhitungkan. Lakukan pertemuan yang rutin,dan melakukan kegiatan yang berbeda dan bermanfaat bagi komunitas dan lingkungan sekitarnya,seperti servis motor gratis,bazar,dan bakti sosial.


BAB IV.  ENAM P YANG TERLUPAKAN
Selain proses pemasaran di atas ada hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran secara on line.
1.      PRODUCT
·         Semua produk dapat di jual melalui internet,seperti handphone,tas,baju,sepatu dan masih banyak lainnya.Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
·         Sudah siapkah dengan pemasok yang murah dan berkualitas
·         Sudah paham benarkah dengan produk yang di tawarkan
·         Sudah siapkah menggantinya bila ada produk pesaing yang sejenis
·         Sudahkah memikirkan garansi penjualannya dan pelayanan konsumen
·         Sudah diperhitungkan kemasannya,agar bisa menambah  nilai jual

1.      PRICE
Harga merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah penawaran produk,di sanalah terkandung komponen biaya dan keuntungan yang kita inginkan. Penjualan secara on line,tidaklah berarti harganya harus lebih murah dari yang konvensional. Tetapi biasanya memang harus lebih murah. Sekarang tergantung dari konsumennya apakah mereka mengetahui harga yang ada di pasaran atau tidak.Dan keinginan keuntungan berapa yang ingin di capai,di sana bisa kita tentukan harga yang kita tawarkan,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga yaitu:

·         Pikirkan dengan baik dan matang,dengan harga berapa produk di tawarkan,baik dari sisi biaya,profit,maupun pesaing.
·         Pikirkan dengan cermat,kapan memberikan discount
·         Pikirkan pula potongan yang diberikan kepada yang ingin menjual produk kita.
·         Pikirkan juga harga sudah termasuk biaya antar,asuransi dan lainnya
·         Pikirkanlah kelas sosial mana yang anda bidik terhadap produk yang di tawarkan.
·         Pikirkan apakah produk yang anda tawarkan,merupakan barang yang langka atau pasaran.

3.PROSES DELIVERY
Karena konsumen yang melakukan pembelian jaraknya jauh,perlu diperhitungkan dengan cara apa,mengantarkan barang yang dijual,kalau masih dalam kota,bisa dengn motor atau mobil,dengan catatan tidak merusak dalam pengantaran,seperti bunga,kue,atau makanan perlu perhatian khusus,tetapi bila di luar kota,carilah jasa kargo,seperti TiKi,DHL,Fedex apakah mereka bisa mengantarnya,dan cari tahu berapa ongkos yang harus di bebankan kepada konsumen. Dalam proses delivery pengepakan memegang peranan penting agar tidak rusak dan mengalami kerugian. Kalau pembelian dalam jumlah sedikit tidak ada salahnya membebankan biaya kepada pembeli,karena untungnya pasti cukup minim.
4.PERSONALISASI
Lakukan pemasaran secara personal,kepada konsumen anda,agar mereka tetap loyal dan merasa diperhatikan. Berikan ucapan selamat ulang tahun,selamat merayakan hari raya dan hal lainnya. Keakraban dalam sebuah hubungan akan membuat kesalahan dan kekurangan yang ada dalam produk anda akan terlihat tidak ada. Karena konsumen yang membeli dapat di pastikan tidak pernah bertemu dengan anda,salam hangat dan sedikit hadiah kepada mereka,sudah akan mengunci mereka untuk tidak bisa berpaling kepesaing lainnya.
5.PERILAKU
Tidak semua orang terbiasa dengan membeli secara on line,untuk mengatasinya kita harus memberikan sebuah kesan yang mendalam bahwa barang yang di jual,sama saja dengan yang di jual di pasaran atau yang dapat mereka temui di toko secara langsung. Kesan tersebut bisa disampaikan dengan memberikan rasa aman dan percaya kepada kita,dengan menunjukkan tempat usaha kita,kegiatan off line (Seperti pameran,bazar). Memberikan mereka contoh dalam bentuk demo untuk software cd, atau contoh potongan kain yang mereka inginkan,agar mereka bisa rasakan sendiri,atau live video tentang proses pembuatan produk yang kita tawarkan,tetapi untuk produk tertentu,yang di hasilkan oleh pabrik,kepercayaan langsung tercipta,dengan catatan kita mau membantu bila ada permasalahan yang timbul.
            Mengetahui kapan mereka biasanya melakukan order perlu juga diperhatikan,dengan demikian kita dapat mengatur persediaan,yang ada.

6.PAJAK
Pajak adalah hal yang menguntung dan merugikan,merugikan dari sisi penjual karena keuntungannya akan berkurang,dan menguntungkan bagi negara untuk biaya pembangunan. Sebagai sebuah usaha,online yang terkadang tidak jelas,keberadaan badan hukumnya,sebaiknya dipikirkan masalah pajak,agar tidak menjadi sebuah kendala di kemudian hari.Ingat al capone,yang bisa terbebas dari semua jerat hukum,namun akhirnya masuk penjara,karena tidak bayar pajak.






LAMPIRAN.A
Usaha yang dapat di dilakukan melalui internet
Contoh bisnis on line dan apa yang dapat dijual :
1.       Fashion:
·         Menjual produk Kecantikan
·         Menjual pakain butik
·         Memberikan konsultasi
·         Nama perawatan kecantikan beserta pelayanan dan fasilitas
·         Memberikan jadwal fashion show

2.       Entertainment:
·         Menyediakan segala kebutuhan entertainment:
·         Dancer,singer,sound system,mc,lightning

3.       Handy Craft
·         Menjual semua hal yang dihasilkan pengrajin indonesia
·         Menjembatani pengrajin dengan pihak perbankan
·         Memberikan konsultasi manajemen kepada pengrajin

4.       Interior design
·         Menjual semua hal yang berkaitan dengan interior design
·         Menampilkan contoh pemakaian bahan interior
·         Memberikan konsultasi pemasangan interior

5.       Family Doctor
·         Konsultasi kesehatan dengan dokter yang ahli dibidangnya
·         Rumah sakit rujukan
·         Asuransi rujukan
·         Perawatan rutin
·         Penjualan obat
·         Penjualan alat alat kesehatan
6.       Golf
Stick golf
Tas golf
Sepatu golf
Sarung tangan

7.       CD & Book Store
CD
Buku
Pensil dan pena bermerk
Koleksi
Lukisan

8.       Aki
·         Aki bekas dan baru
·         Air accu
·         Stroom aki dan alatnya
·         Kepala aki
·         Tester kelembaban air aki
·         Konsultasi perawatan aki

9.       Kaca Film dan perniknya
·         Kaca film
·         Curtain (korden mobil)
·         Pemanas kaca

10.   Travel
Berisikan : voucher hotel,paket wisata,informsi hotel,kasus,obyek wisata,info belanja,
11.   Furniture
Meja
Kursi
Lemari
Tempat tidur
Kasur dan bantak
12.   Consultan
 Konsultasi pajak,keuangan,pendidikan

13.   Publishing
·         Kartu undangan
·         Kartu nama
·         Surat jalan
·         Neon box
·         Company profile

14.   Biro Jasa
·         Pengurusan ijin:
·         PT,CV,TDP,SIUP
·         SIM,STNK,KIR

15.    Batik
Menjual berbagai macam produk batik dari seluruh indonesia
·         Kain batik
·         Baju batik



16.    Hasil Bumi
·         Beras
·         Gula
·         Tepung
·         Cabe
·         Sayur mayur

17.    Interior design
·         Bahan interior yang unik
·         Konsultasi design


18.    Seluler
·         Handphone new and used
·         Accesories
·         Service
·         Program

19.   Landscape
·         Menjual tanaman untuk pembuatan taman
·         Perawatan dan pembuatan
·         Konsultasi design

20.    Bag & shoes


21.    Property

22.    Otomotif
·         Menjual mobil bekas
·         Menjual asuransi kendaraan
·         Menjual ban dan velg
·         Menjual  olie


23.    Komputer
·         Service
·         Komputer
·         Printer
·         Accesories
·         Computer books


24.   Rental Mobil
·         Rental car
·         Driver
·         Pick & up employee
·         city tour

25.   Koperasi

26.   Florist
Florist – decoration – plant rental – supplier - Nursery


27.   Software House
  Computer program
 
28.   Frame
All about frame

29.   Makanan
·         Delivery service food
·         Saos,Ketchup
·         Pernak pernik memasak

30.    Pernak pernik  Muslim
  • Baju muslim
  • Sarung
  • Kurma
  • Air zam zam
  • Tasbih

 



 

 

 

LAMPIRAN  B.

Google Filosofi

Jangan pernah puas dengan yang terbaik.
”Mesin pencarian yang sempurna,” kata salah seorang pendiri Google Larry Page, “akan benar-benar mengerti apa yang Anda maksud dan menjawabnya dengan apa yang memang Anda inginkan.” Dengan status kemajuan teknologi pencarian saat ini, hal itu adalah visi yang masih jauh dari jangkauan dan memerlukan penelitian, pengembangan dan inovasi untuk merealisasikannya. Google berkomitmen untuk mati-matian mengejarnya. Walaupun dinyatakan sebagai perusahaan teknologi pencarian terkemuka di dunia, tujuan Google adalah menyediakan tingkatan layanan yang jauh lebih tinggi bagi semua orang yang mencari informasi, tidak peduli apakah mereka sedang berada di meja kerja di Boston, mengemudi kendaraan di Bonn, atau berjalan-jalan di Bangkok.
Karena itu, Google telah secara gigih berinovasi secara terus-menerus dan menekan batas-batas dari teknologi yang sudah ada untuk menyediakan layanan pencarian yang cepat, akurat dan mudah digunakan serta dapat diakses dari manapun. Untuk memahami Google sepenuhnya, sangat berguna apabila Anda mengerti semua cara yang telah dibantu oleh perusahaan dalam mendefinisikan ulang bagaimana individu, bisnis dan ahli teknologi memandang Internet.

Sepuluh hal yang telah ditemukan Google ternyata benar

1.         Fokuskan pada pengguna dan yang lainnya akan mengikuti.

Sejak awal, Google telah memfokuskan diri pada penyediaan pengalaman terbaik bagi pengguna. Sekalipun banyak perusahaan mengklaim akan memprioritaskan pelanggan terlebih dahulu, hanya sedikit yang mampu menahan godaan untuk membuat pengorbanan kecil untuk meningkatkan nilai pemegang saham. Google tetap menolak untuk membuat perubahan yang tidak menawarkan manfaat bagi pengguna yang mengunjungi situs:
·         Antarmukanya jelas dan sederhana.
·         Halaman dimuat dengan seketika.
·         Iklan di hasil pencarian tidak pernah dijual kepada siapa pun.
·         Pemasangan iklan di situs harus menawarkan isi yang relevan dan bukan sebagai gangguan.
Dengan selalu mengutamakan kepentingan pengguna, Google telah membangun khalayak yang paling setia di web. Dan pertumbuhan itu muncul bukan melalui kampanye iklan TV, tetapi dari mulut ke mulut antara satu pengguna yang puas ke pengguna lainnya.

2.         Yang paling baik adalah melakukan satu hal dengan sempurna.

Google benar-benar mencari. Dengan salah satu grup penelitian terbesar di dunia yang memfokuskan secara eksklusif pada pemecahan masalah pencarian, kami tahu apa yang kami lakukan sebaik-baiknya, dan bagaimana kami dapat melakukannya dengan lebih baik. Melalui masalah sulit yang terjadi berulang-ulang secara terus-menerus, kami telah mampu menyelesaikan masalah yang kompleks dan menyediakan penyempurnaan yang berkelanjutan terhadap suatu layanan yang sudah dianggap terbaik di web dalam menemukan informasi secara cepat dan lancar bagi jutaan pengguna. Pengabdian kami untuk menyempurnakan pencarian juga telah memungkinkan kami menerapkan apa yang telah kami pelajari pada produk baru, termasuk Gmail, Google Desktop, dan Google Maps. Sambil kami melanjutkan membuat produk baru* seraya membuat pencarian yang semakin baik, harapan kami adalah menghadirkan kehebatan pencarian pada wilayah yang belum pernah disentuh sebelumnya, dan membantu pengguna mengakses serta menggunakan informasi yang jauh lebih luas dalam kehidupan mereka.

3.         Cepat lebih baik daripada lambat.

Google percaya dengan kepuasan seketika. Anda menginginkan jawaban dan Anda menginginkannya sekarang juga. Siapa yang kita ajak berdebat? Google mungkin satu-satunya perusahaan di dunia yang tujuannya adalah membuat pengguna meninggalkan websitenya secepat mungkin. Dengan terobsesi secara fanatik untuk memotong setiap kelebihan bit dan byte dari halaman kami dan meningkatkan efisiensi lingkungan porsi kami, Google telah memecahkan waktu rekor kecepatannya sendiri dan ini terjadi berulang-ulang. Yang lainnya menganggap bahwa server yang besar adalah cara tercepat untuk menangani jumlah data yang luar biasa besar. Google merasa PC jaringan telah semakin cepat. Di mana yang lain menganggap batas kecepatan ditentukan oleh algoritma pencarian, Google menulis algoritma baru yang membuktikan bahwa sesungguhnya tidak ada batasan. Dan Google terus bekerja untuk membuat semuanya berjalan bahkan lebih cepat.

4.         Demokrasi dalam web berjalan.

Google berhasil karena mengandalkan pada jutaan orang yang mengirim situs web untuk menentukan situs lain mana yang menawarkan konten yang bernilai. Daripada mengandalkan pada sekelompok editor atau semata-mata pada frekuensi kemunculan istilah tertentu, Google mengkategorikan setiap halaman web menggunakan teknik terobosan bernama PageRank™. PageRank menilai semua situs yang terhubung ke sebuah halaman web dan memberi nilai terhadapnya, antara lain berdasarkan situs yang terhubung ke mereka. Dengan menganalisis struktur penuh dari web, Google mampu menentukan situs mana yang telah “diberi nilai” sebagai sumber informasi terbaik melalui informasi paling menarik yang mereka tawarkan. Teknik ini sebenarnya semakin sempurna sejalan dengan semakin besarnya web, karena setiap situs baru merupakan titik lain bagi informasi dan pilihan yang harus diperhitungkan.

5.         Anda tidak perlu berada di meja Anda untuk mendapatkan jawaban.

Dunia semakin bertambah mobile dan tidak ingin terhambat oleh lokasi yang menetap. Apakah itu melalui PDA mereka, ponsel mereka atau bahkan mobil mereka, orang menginginkan agar informasi datang kepada mereka. Inovasi Google di wilayah ini mencakup Google Number Search, yang mengurangi jumlah penekanan tombol yang dibutuhkan untuk menemukan data dari ponsel web dan sistem terjemahan sambil-jalan yang mengubah halaman tertulis dalam bentuk HTML ke format yang dapat dibaca oleh browser telepon. Sistem ini membuka jutaan halaman untuk dilihat dari perangkat yang mungkin tidak pernah terbayangkan mampu membukanya, termasuk perangkat Palm PDA dan i-mode Jepang, J-Sky, dan EZWeb. Ke mana pun pencarian akan membantu pengguna untuk memperoleh informasi yang mereka cari, Google memelopori teknologi baru dan menawarkan solusi baru.

6.         Anda bisa mendapatkan uang tanpa melakukan kejahatan.

Google merupakan sebuah bisnis. Penerimaan yang dihasilkan oleh perusahaan diperoleh dari cara menawarkan teknologi pencarian kepada perusahaan dan dari penjualan iklan yang ditampilkan di Google dan di situs lainnya di seluruh web. Namun, Anda mungkin belum pernah melihat iklan di Google. Ini karena Google tidak mengizinkan iklan ditampilkan di halaman hasil temuan kami kecuali kalau iklan tersebut relevan dengan halaman hasil temuan yang diperlihatkan. Jadi, hanya pencarian tertentu yang memunculkan link sponsor di sebelah atas atau sisi kanan hasil pencarian. Google benar-benar percaya bahwa iklan dapat menyediakan informasi yang berguna jika, dan hanya jika, iklan tersebut relevan dengan yang ingin Anda temukan.
Google juga telah membuktikan bahwa pemasangan iklan dapat efektif tanpa harus mencolok. Google tidak menerima pemasangan iklan pop-up, yang mengganggu pandangan Anda terhadap konten yang Anda minta. Kami menemukan bahwa iklan teks (AdWords) yang relevan dengan orang yang membacanya akan jauh meningkatkan jumlah klik menuju situs iklan daripada iklan yang muncul secara acak. Kelompok penyempurna Google bekerja dengan pemasang iklan untuk meningkatkan jumlah klik menuju iklan sepanjang masa kampanye, karena jumlah klik yang tinggi merupakan suatu indikasi bahwa sebuah iklan relevan dengan minat pengguna. Para pengiklan, tidak perduli seberapa kecil atau besar, dapat mengambil manfaat dari media yang sangat spesifik dalam menargetkan penggunanya, baik melalui program iklan layanan sendiri yang menempatkan iklan online dalam beberapa menit, atau dengan bantuan perwakilan periklanan Google.
Pengiklan pada Google selalu teridentifikasi dengan jelas sebagai sebuah “Link Sponsor”. Ini merupakan nilai utama bagi Google karena tidak mempertaruhkan integritas hasil temuan kami. Kami tidak pernah memanipulasi peringkat untuk menempatkan mitra kami lebih tinggi di dalam hasil pencarian kami. Tidak seorang pun dapat membeli PageRank yang lebih baik. Pengguna kami percaya pada objektivitas Google dan memperoleh keuntungan dalam waktu singkat tidak sebanding dengan merusak kepercayaan tersebut .
Ribuan pengiklan menggunakan program Google AdWords untuk mempromosikan produk mereka; dan kami percaya AdWords merupakan program terbesar di antara program yang sejenis. Lagi pula, ribuan manajer situs web mengambil keuntungan dari program Google AdSense untuk mengirimkan iklan yang relevan dengan isi situs mereka, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk menghasilkan penerimaan dan meningkatkan pengalaman bagi pengguna mereka.

7.         Selalu ada lebih banyak informasi di luar sana.

Setelah Google membuat indeks halaman HTML di Internet yang jauh lebih banyak daripada layanan pencarian lainnya, insinyur kami mengalihkan perhatian mereka ke informasi yang belum siap diakses. Terkadang ini hanyalah merupakan masalah penggabungan database baru, seperti penambahan fitur pencarian nomor telepon dan alamat serta buku alamat bisnis. Upaya lainnya membutuhkan kreativitas yang lebih, seperti menambahkan kemampuan untuk mencari miliaran gambar dan cara melihat halaman yang semula dibuat sebagai file PDF. Kepopuleran hasil PDF memandu kami untuk mengembangkan daftar jenis file yang dicari untuk mencakup dokumen dalam lusinan format seperti Microsoft Word, Excel dan PowerPoint. Bagi pengguna nirkabel, Google mengembangkan cara yang unik untuk menerjemahkan file dengan format HTML ke dalam format yang dapat dibaca oleh perangkat mobile. Daftar ini kemungkinan besar tidak berakhir di sana karena peneliti Google terus meneliti cara-cara untuk menghadirkan semua informasi dunia kepada pengguna yang mencari jawaban.

8.         Kebutuhan akan informasi melintasi semua batas.

Walaupun Google berpusat di California, misi kami adalah memfasilitasi akses ke informasi bagi seluruh dunia, sehingga kami memiliki kantor di seluruh dunia. Untuk itu kami mempertahankan lusinan domain Internet dan melayani lebih dari separuh hasil pencarian kami kepada pengguna yang tinggal di luar Amerika. Hasil pencarian Google dapat dibatasi hingga halaman yang ditulis dalam lebih dari 35 bahasa menurut preferensi pengguna. Kami juga menawarkan fitur penerjemahan sehingga isi sebuah halaman web tersedia bagi pengguna tanpa memandang bahasa ibu mereka, dan bagi mereka yang tidak suka melakukan pencarian dalam bahasa Inggris, antarmuka Google dapat disesuaikan ke lebih dari 100 bahasa. Untuk mempercepat penambahan bahasa baru, Google menawarkan kesempatan bagi para relawan untuk membantu penerjemahan melalui peralatan otomatis yang tersedia di situs web Google.com. Proses ini telah meningkatkan baik variasi maupun kualitas layanan yang dapat kami tawarkan kepada pengguna, bahkan yang berada di penjuru dunia yang paling jauh sekalipun.

9.         Anda bisa serius tanpa mengenakan setelan jas.

Pendiri Google telah sering mengatakan bahwa perusahaan hanya akan menekuni kegiatan pencarian, bukan kegiatan lain. Mereka membangun perusahaan dengan ide bahwa suatu pekerjaan sebaiknya yang menantang dan tantangan tersebut haruslah menyenangkan. Karena itu, budaya Google tidak sama seperti perusahaan Amerika lainnya, dan ini bukan karena lampu lava yang menyala di mana-mana dan bola karet besar yang bertebaran, atau fakta bahwa koki perusahaan pernah bekerja untuk Grateful Dead. Bila menyangkut soal layanan online, Google mendahulukan penggunanya, sama seperti cara Google Inc. memprioritaskan karyawan bila menyangkut soal kehidupan sehari-hari di kantor pusat Googleplex kami. Ada suatu tekanan pada prestasi dan kebanggaan tim dalam prestasi perorangan yang memberikan sumbangsih bagi keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Bertukar ide, diuji dan dipraktikkan dengan dengan kesigapan yang terkadang memusingkan. Rapat yang akan berlangsung berjam-jam di mana pun seringkali tidak lebih dari percakapan yang berlangsung sambil makan siang dan ruangan staf yang menulis kode hanya terpisah oleh beberapa dinding dari ruangan staf yang membuat cek. Lingkungan yang sangat komunikatif ini membantu pengembangan produktivitas dan persahabatan yang didorong oleh realitas bahwa jutaan orang mengandalkan hasil Google. Berikan peralatan yang benar ke sekelompok orang yang ingin membuat perbedaan, dan mereka akan melakukannya.

10.      Hebat saja ternyata belum cukup.

Selalu memberi lebih dari yang diharapkan. Google tidak ingin menjadi yang terbaik di titik akhir, tetapi titik awal. Melalui inovasi dan pengulangan, Google mengambil sesuatu yang telah berjalan baik dan kemudian menyempurnakannya dengan cara yang tidak terduga. Pencarian bekerja baik untuk kata-kata yang dieja dengan benar, tapi bagaimana dengan yang salah ejaan? Seorang insinyur melihat suatu kebutuhan dan kemudian membuat program pemeriksa ejaan yang kelihatannya mampu membaca pikiran pengguna. Memerlukan waktu terlalu lama untuk mencari dari telepon WAP? Kelompok kerja nirkabel kami mengembangkan Google Number Search untuk mengurangi penekanan tombol dari tiga kali per huruf menjadi satu. Dengan jutaan pengguna, Google mampu mengidentifikasi titik pergeseran dengan cepat dan kemudian memuluskannya. Namun, titik perbedaan Google adalah untuk mengantisipasi kebutuhan yang belum disampaikan oleh khalayak global kami, kemudian mempertemukan kebutuhan itu dengan produk dan layanan yang menetapkan standar baru. Ketidakpuasan terhadap keadaan yang berlangsung terus-menerus ini pada akhirnya menjadi kekuatan pendorong di belakang mesin pencarian terbaik di dunia.






Tools untuk membantu
Site Tracker

Dengan adanya site tracker,anda dapat melakukan analisa,yang dapat membantu anda seperti :
·         menemukan cara agar website anda lebih menarik untuk di kunjungi
·         Mengetahui dari link mana mereka mengakses web yang kita miliki
·         keyword apa saja yang sering di gunakan untuk menemukan web anda
·         Mengetahui dari mana saja mereka mengakses,sehingga bisa menemukan peluang usaha baru.
·         Mengetahui apa sebenarnya yang mereka inginkan
·         Mengetahui browser yang mereka gunakan
·         Menggunakan media apa dalam mengakses internet
·         Menggunakan broadband apa,(cable modem atau handpone)
·         Waktu dan kapan biasanya mereka mengakses web anda,sehingga anda bisa lebih meluangkan waktu pada jam2 tersebut.
Tampilan site tracker dari get clicky

tampilan get clicky

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Sahabat

Cash Flow Management